Kamis 02 Dec 2021 13:29 WIB

Polres Ciamis Periksa 'PeduliLindungi' Wisatawan Pangandaran

Di posko itu disiapkan pula gerai vaksinasi.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Sandy Ferdiana
Kapolres Ciamis AKBP Donny Eka Putra membagikan masker kepada wisatawan di Pantai Pangandaran.
Foto: Dok. Polres Ciamis
Kapolres Ciamis AKBP Donny Eka Putra membagikan masker kepada wisatawan di Pantai Pangandaran.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS – Polres Ciamis mendirikan lima posko pemeriksaan (check point) untuk wisatawan yang berencana berkunjung ke Pangandaran. Melalui lima check point itu akan diperiksa syarat vaksinasi sebagai wisatawan melalui aplikasi PeduliLindungi.

 

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengatakan, lima check point itu telah dioperasikan per awal Desember 2021. Untuk tahap awal ini, posko hanya beroperasi pada akhir pecan.

 

 

Sebab, kata Zanuar, fokus utama dari check point itu adalah untuk memeriksa kelengkapan syarat wisatawan. ‘’Jumat-Sabtu di Ciamis dan Sabtu-Ahad di Pangandaran. Jadi para wisatawan yang ingin ke Pangandaran akan diperiksa apakah sudah vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi,’’ ujarnya saat dihubungi Republika, Kamis (2/12).

 

Ia menjelaskan, di check point itu, petugas akan memeriksa status vaksinasi Covid-19 para pengendara yang melintas melalui aplikasi maupun secara manual. Bagi pengendara yang belum menjalani vaksinasi, petugas menyediakan gerai vaksin di posko pemeriksaan itu.

 

Pada momen Natal dan tahun baru (Nataru), sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan, akan dilaksanakan pemeriksaan bukti tes antigen atau PCR. ‘'Kami akan sediakan layanan rapid test gratis bersama dinas kesehatan,’’ ujar dia.

 

Pihaknya mendirikan posko pemeriksaan ini untuk melakukan edukasi kepada wisatawan yang hendak berkunjung ke Pangandaran. Sebab, tutur Zanuar, Kabupaten Pangandaran saat ini sudah menerapkan PPKM Level 1, yang berarti kasus Covid-19 di daerah itu sudah terkendali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement