Jumat 03 Dec 2021 19:42 WIB

Kang Emil Dinilai Berpeluang Jadi Capres Parpol Papan Tengah

Tiga parpol besar dinilai sudah memiliki capres yang bakal diusungnya masing-masing.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus raharjo
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bakal bergabung dengan partai politik pada tahun depan.
Foto:

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, juga menilai sulit bagi Kang Emil untuk diusung sebagai capres parpol besar. Menurutnya, hampir semua parpol kelas menengah atas telah miliki tokoh potensial dalam wacana kepemimpinan nasional.

"Mungkin hanya Nasdem yang belum punya tokoh konfirm dalam tataran nasional," kata Dedi kepada RepJabar, Jumat (3/12).

Melihat kondisi itu, Dedi menilai Kang Emil bisa menimbang berebut peluang di Partai Nasdem. Namun, Kang Emil harus siap bertarung dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang sama-sama tidak berpartai.

Sebelumnya, Kang Emil mengaku siap masuk partai politik tahun depan untuk menegaskan posisinya ikut dalam ajang Pilpres 2024. Selain untuk Pilpres 2024, Gubernur Jabar ini juga berhitung untuk ikut pemilihan Gubernur Jawa Barat periode kedua.

Walau tidak menyebut secara jelas partai mana yang akan dipilih, ia menyatakan, partai itu memiliki citra pancasilais. Emil mengaku cukup tahu diri jika tidak ada partai yang mengusung, rencana politiknya cuma melanjutkan ke Pilgub Jabar.

"Tapi, tahun depan saya akan masuk parpol. Saya belum tahu. Yang pasti paling pancasilais, saya di situ," kata Ridwan Kamil, Kamis (2/12).

Ia menuturkan, calon partai yang akan dipilih yang selama ini memiliki citra yang kuat ke ideologi Pancasila. Itu sebagai bentuk politik jalan tengah agar ia bisa diterima masyarakat dan kebutuhan kita hari ini memang untuk merangkul. "Agar tidak terlalu ke kanan dan ke kiri, meski dianggap tidak jelas," ujar Emil.

Terkait peluang untuk dicalonkan atau tidak, Emil mengaku hanya akan menunggu karena yang memiliki legitimasi untuk bisa mencalonkan merupakan parpol itu sendiri. Karenanya, ia menunggu pemegang kunci parpol itu membukakan pintu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement