Kamis 09 Dec 2021 23:01 WIB

Mendes PDTT Ziarah Ke Makam Pionir Transmigrasi di Indramayu

Ziarah itu merupakan bagian dari peringatan ke-71 Hari Bhakti Transmigrasi (HBT).

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Mendes PDTT Ziarah Ke Makam Pionir Transmigrasi di Indramayu (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Irfan Anshori
Mendes PDTT Ziarah Ke Makam Pionir Transmigrasi di Indramayu (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,INDRAMAYU -- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, melakukan ziarah ke Makam Pionir Transmigrasi di Desa/Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Kamis (9/12).

Kegiatan ziarah itu merupakan bagian dari peringatan ke-71 Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) Tahun 2021, yang jatuh setiap tanggal 12 Desember. 

Baca Juga

Dalam ziarah tersebut, mendes yang didampingi Bupati Indramayu, Nina Agustina, melakukan tabur bunga sebagai bentuk penghormatan dan doa kepada pionir transmigrasi yang gugur pada 11 Maret 1974.

Dalam peristiwa naas tersebut, rombongan transmigran asal Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, yang berjumlah 70 orang, mengalami kecelakaan ketika hendak menuju ke UPT Rumbia Lampung. Kecelakaan itu menewaskan 67 orang. 

Kejadiannya bermula saat bus tersebut melewati jembatan darurat, lalu tergelincir dan terperosok ke Sungai Sewo di Desa Sukra, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu.

Di antara rombongan yang mengalami musibah tersebut, terdapat tiga orang yang selamat. Yaitu, Djaelani, Suyanto dan Sangidu, yang kala itu masih berusia anak-anak. 

Ketiganya kemudian diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Departemen Transmigrasi dan PPH Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat.

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, menyebutkan, korban selamat yang bernama Suyanto, saat kejadian itu tepat berumur 11 tahun, Djaelani berumur 19 tahun dan Sangidu berumur sembilan tahun. 

''Kemendes PDTT menjadikan mereka yang selamat itu sebagai ikon Sahabat Desa dan Sahabat Transmigran,'' tandas Iskandar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement