Jumat 10 Dec 2021 18:16 WIB

Vaksinasi Jabar Capai 68 Persen, Kapolda Minta Warga Patuhi Prokes

Jika tidak ada keperluan, sebaiknya warga tinggal di rumah saat libur Nataru

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Sandy Ferdiana
Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs Suntana.
Foto: Dok. Humas Polda Jabar
Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs Suntana.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Tingkat capaian vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat (Jabar) sudah mencapai 68 persen. Meski demikian, masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Alhamdulillah, tingkat vaksinasi kita di Jabar sudah mendekati 68 persen dari target 70 persen, yang kita kejar di akhir tahun ini,’’ ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana dalam kunjungan kerjanya ke Kota Cirebon, Jumat (10/12).

Bahkan, lanjut Suntana, tingkat capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah hampir 100 persen. Dia menyampaikan terima kasih kepada TNI, wali Kota Cirebon, dan masyarakat atas capaian tersebut.

Namun, lanjut Suntana, meski tingkat vaksinasi sudah tinggi, masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti menghindari kerumunan, memakai masker, dan mencuci tangan.

Bagi pelaku usaha, diminta memberlakukan aplikasi PeduliLindungi di lokasi usahnya. Hal itu untuk memastikan pengunjung yang datang ke tempat usahanya sudah melalui proses vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, terkait masa libur Natal dan tahun baru (Nataru), Suntana mengakui, masa libur biasanya digunakan masyarakat untuk berkumpul dan bersilaturahim.

Pemerintah pun telah memabatalkan penerapan Level 3 PPKM di semua daerah pada masa libur Nataru. Karenanya, penerapan PPKM disesuaikan dengan level di masing-masing daerah.

Meski pemerintah sudah memutuskan hal tersebut, namun Suntana tetap mengimbau agar masyarakat menghindari kerumunan. "Kalau tidak ada keperluan, silakan di dalam rumah saja," tukas Suntana.

Suntana menambahkan, di masa libur Nataru, check point juga akan didirikan di sejumlah titik. Hal tersebut untuk memastikan laju penyebaran pandemi Covid-19 tidak memasuki Jabar, termasuk Cirebon.

"Check point hanya untuk memastikan masyarakat yang bepergian sudah menjalankan vaksinasi Covid-19,’’ cetus Suntana.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengaku bersyukur atas capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah mendekati 100 persen. "Ini menunjukkan kolaborasi yang baik antara Forkopimda dan organisasi masyarakat, serta dukungan masyarakat,’’ ujarnya.

Selaras dengan kapolda, Azis juga menekankan agar masyarakat yang sudah divaksin Covid-19 untuk tetap menerapkan prokes secara disiplin. Dengan menjalankan vaksinasi Covid-19 dan disiplin prokes, herd immunity diharapkan akan tercipta di Kota Cirebon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement