Ahad 23 Jan 2022 07:03 WIB

Persib dalam Bayang-Bayang Pemecatan Pelatih dan Ancaman Covid-19

Bisa saja pemecatan pelatih ini menjadi rekor dunia.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Agus Yulianto
Tangkapan layar wawancara daring dengan pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Tangkapan layar wawancara daring dengan pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib 'maung' Bandung kembali berlatih pasca-mendapatkan libur dua hari. Persib melakukan latihan rutin itu di Finn's Recreation Club, Canggu, pada akhir pekan.

Namun, dibalik antusiasme para pemain menjalani latihan, Persib berada dalam bayang-bayang pemecatan pelaih dan ancaman covid-19 yang kembali 'menggila' pada pekan-pekan terakhir ini. Dua kondisi itulah, yang kini terus dijaga manajemen Persib, agar klub sepak bola kecintaan masyarakat Jawa Barat ini tetap eksis.

Ya, dalam kompetisi Liga 1 2021/2022 ini, gelaran sepak bola nasional kembali mendapat terpaan badai akibat Covid-19 dan pemecatan sejumlah pelatih. Namun, Persib Bandung menjadi salah satu dari enam tim yang belum memecat pelatihnya. Posisi pelatih kepala, Robert Rene Alberts pun dipastikan aman untuk tetap memimpin Persib.

Robert pun angkat suara dengan fenomena pemecatan pelatih. Hanya ada enam pelatih, termasuk Persib, yang memimpin tim sejak awal musim.

"Selain Persib, hanya ada lima klub yang belum mengganti pelatihnya. Bhayangkara, Persebaya, Arema, Bali dan Persita. Jadi, jika melihat itu, ada 12 klub yang mengganti pelatih dan ada beberapa dari mereka yang mengganti dua kali," ungkap Robert, Sabtu (22/1/2022).

Dia mengakui, bisa saja ini menjadi rekor dunia. Mengingat tidak banyak liga yang mengganti lebih dari lima puluh persen pelatihnya. "Apa yang kami lakukan? Apa filosofi di balik itu? Kamu harus relistis, kamu harus profesional dalam melakukan pendekatan (target)," kata Robert.

Robert mengakui, klub di Indonesia harus bisa melihat dari liga di negara maju. Yang mana pergantian pelatih hanya terjadi tidak sampai lima pelatih saja.

"Jika mengacu pada Liga Inggris sebagai contoh, kalian tidak banyak pelatih diganti. Padahal, itu liga terbaik di dunia dan punya ekspektasi tertinggi. Tapi mereka juga realistis (dengan target)," kata Robert.

 

photo
Persib melakukan latihan rutin itu di Finn's Recreation Club, Canggu, pada akhir pekan. (Dok. Persib)

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement