Ahad 30 Jan 2022 15:47 WIB

Ada Stadion King Abdul Aziz di Desa Cimanggis Bogor

Pembangunan stadion mini sepak bola ini bersumber dari dana desa tahun 2020-2021. 

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin.
Foto: Dok Pemkab Bogor
Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Warga Desa Cimanggis, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, khususnya para pencandu sepak bola, kini memiliki stadion sepak bola sendiri yang diberi nama Stadion King Abdul Aziz. Keberadaan stadion tersebut diharapkan bisa memicu dan memacu semangat melahirkan bibit-bibit muda yang berbakat di bidang sepak bola. 

Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin mengatakan, meskipun masih berada di tengah pandemi Covid-19 yang melanda, semangat untuk terus membangun tidak tergoyahkan. Stadion ini dibangun di atas lahan hibah PT. Riscon Group, di tanah seluas kurang lebih satu hektare. Nama Stadion King Abdul Aziz diambil dari nama kepala desa, yang diberikan sebagai penghargaan sesuai kesepakatan Musrenbang Desa Cimanggis. 

“Apresiasi saya sampaikan kepada Kepala Desa Cimanggis yang sudah menginisiasi, mengawal, mengawasi dan mengupayakan hingga terwujudnya pembangunan stadion ini. Kemudian kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi untuk pembanguan stadion ini,” ujar Ade Yasin, Sabtu (29/1).

Dia menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga membangun dua Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM), di Kecamatan Gunungputri dan Cisarua yang masih dalam tahap penyelesaian, juga satu stadion mini di Tenjo. Pada 2022 ada pembangunan tahap pertama GOM  di Kecamatan Megamendung. Saat ini Pemkab Bogor melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dipora) mengelola 23 sarana prasarana olahraga yang tersebar di 15 kecamatan. 

“Saya berharap semua fasilitas ini dapat memberikan manfaat nyata untuk membangun masyarakat yang sehat jiwa dan raga, serta mendorong terbangunnya sistem penjaringan dan pembibitan atlet muda yang terukur, terarah, dan berkelanjutan,” ucapnya.

Kepala Desa Cimanggis Abdul Aziz menjelaskan, pembangunan stadion mini sepak bola ini bersumber dari dana desa tahun 2020-2021. Menurutnya, pembangunan ini menjadi pelopor bahwa membangun Indonesia dimulai dari membangun desa.

Untuk pembangunan desa sendiri, dia menyebutkan, pada 2021 Desa Cimanggus mendapatkan dana Rp 500 juta melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dari Pemkab Bogor. Sedangkan pada 2022 Desa Cimanggis mendapatkan dana Rp 1 miliar.

“Saya berterima kasih kepada Bupati Bogor, Ade Yasin atas Program Samisade yang sangat luar biasa, dan berharap bisa terus dilanjutkan. Insya Allah dana ini akan digunakan tepat sasaran seluruhnya, demi kepentingan masyarakat, demi percepatan pembangunan infrastruktur desa,” kata Aziz.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement