Jumat 04 Feb 2022 16:00 WIB

Ratusan Ribu Balita di Depok Jadi Sasaran Bulan Vitamin A

Pemberian vitamin A ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuh.

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto
Petugas memberikan kapsul vitamin A kepada balita. Pemberian kapsul vitamin A secara gratis untuk anak balita usia enam sampai 59 bulan setiap bulan Februari dan Agustus di tengah pandemi COVID-19 di daerah itu tetap berjalan normal dalam upaya meningkatkan kesehatan mata  dan sistem kekebalan tubuh anak.
Foto: ANTARA/Ampelsa
Petugas memberikan kapsul vitamin A kepada balita. Pemberian kapsul vitamin A secara gratis untuk anak balita usia enam sampai 59 bulan setiap bulan Februari dan Agustus di tengah pandemi COVID-19 di daerah itu tetap berjalan normal dalam upaya meningkatkan kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh anak.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok  terus berupaya mewujudkan generasi yang sehat. Salah satunya, dengan pelaksanaan Bulan Vitamin A setiap Februari dan Agustus. 

Dalam pelaksanaannya di Februari 2022, sebanyak  114.483 balita usia 6-59 bulan akan diberikan Vitamin A. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, pemberian vitamin A untuk usia 6-11 bulan akan diberikan kepada 13.107 balita. 

Sedangkan untuk usia 12-59 bulan diberikan kepada 101.376 balita. Pemberian vitamin A ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuhnya.

"Target kami seluruh anak mendapatkan vitamin A untuk menambah kekebalan tubuh mereka," ujar Zakiah di Balai Kota Depok, Jumat (4/2/2022).

 

Menurut Zakiah, vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab, vitamin A terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. 

"Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan," terangnya. 

Dia menambahkan, dalam hal ini, untuk pemberian vitamin A dosisnya sudah sesuai dengan usia anak. Adapun bagi anak usia 6-11 dosisnya 100 ribu IU dengan tanda warna biru. Sedangkan, pemberian vitamin A bagi anak usia 1-5 tahun dosisnya 200 ribu IU dengan tanda warna merah.

"Ada dua jenis dosis dengan dua tanda yaitu merah dan biru. Jadi pemberian vitamin A harus sesuai dengan usia anak," terangnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement