Senin 07 Feb 2022 06:33 WIB

Kuningan Segera Miliki Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah

Calon jamaah yang ingin mengurus haji dan umrah dapat melakukannya di gedung PLHUT.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Kabar gembira bagi calon jamaah hadi Kabupaten Kuningan yang hendak menunaikan ibadah ke Tanah Suci, Makkah, Arab Saudi. Pasalnya, Kabupaten Kuningan segera memiliki gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh. 

"Keberadaan gedung ini akan memudahkan masyarakat yang hendak menunaikan ibadah ke Tanah Suci," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama RI, Hilman Latif saat meninjau langsung lokasi Pusat Layanan Haji Umrah Terpadu (PLHUT) yang bertempat di Kuningan Islamic Center (KIC), Ahad (6/2). Kehadirannya disambut Bupati Kuningan, Acep Purnama.

Acep mengungkapkan, hadirnya Gedung PLHUT dapat memberikan pelayanan haji dan umrah secara terpadu kepada para calon jamaah haji dan umroh. Selain itu, bisa memangkas birokrasi sehingga layanan haji dan umroh menjadi lebih cepat.

Didirikannya gedung pelayanan haji dan umrah ini, kata dia, membuat pelayanan kepada masyarakat akan menjadi lebih efektif, tepat dan cepat. "Masyarakat juga akan lebih ringan secara ekonomis, proses pelayanannya pun menyingkat waktu, tenaga dan  biaya," kata Acep.

Acep sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memfasilitasi pembangunan gedung pelayanan haji dan umroh terpadu ini.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Hilman Latif, mengatakan, dengan hadirnya gedung pelayanan terpadu itu, maka calon jamaah yang ingin mengurus haji dan umrah dapat melakukannya di gedung PLHUT. "Ini sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji yang ingin mendaftar," ujar dia.

Hilman menambahkan, dengan dibangunnya gedung PLHUT, maka calon jamaah haji dan umroh tidak perlu lagi mondar-mandir untuk menyelesaikan urusannya. Di gedung tersebut, pelayanan tersedia dalam satu pintu. Begitu pula dengan hal lainnya seperti informasi, masalah haji serta umrah yang ada di daerah, dan pembatalan haji dapat dikomunikasikan di gedung PLHUT Kemenag Kabupaten Kuningan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement