Rabu 09 Mar 2022 06:15 WIB

Depok Sediakan Pelayanan Kesehatan Hewan Gratis, Termasuk Vaksinasi

Petugas Puskeswan akan mendatangi langsung pemilik hewan atau peternak.

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto
Warga membawa kucing peliharaan untuk mendapatkan layanan vaksin rabies gratis di Pusat Kesehatan Hewan.
Foto: Antara/Budi Candra Setya
Warga membawa kucing peliharaan untuk mendapatkan layanan vaksin rabies gratis di Pusat Kesehatan Hewan.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Depok saat ini memiliki tiga jenis pelayanan kesehatan hewan. Pelayanan tersebut diberikan secara gratis.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskeswan Kota Depok, Aresa Setiawati mengatakan, pertama ialah pelayanan kesehatan hewan aktif. Pada pelayanan ini, petugas Puskeswan akan mendatangi langsung pemilik hewan atau peternak.

Itu, kata Aresa, biasanya adalah program dinas seperti vaksinasi, vaksinasi untuk penyakit zoonosis pada ternak, surveillance. Kemudian, pelayanan aktif juga bisa kita berikan kepada peternak untuk melakukan penyuluhan, penyuluhan kesehatan hewan, pemberian vitamin dan lain-lain. 

"Alhamdulillah saat ini semua masih gratis," ujar Aresa melalui Kanal Youtube Ide Podcast Korpri Depok, berjudul 'Punya Hewan Peliharaan? Depok Punya Puskeswan! Gratis?', Selasa (8/3/2022).

Kedua, pelayanan kesehatan hewan semi aktif. Yaitu pelayanan yang diberikan oleh Puskeswan Kota Depok kepada peternak jika ada hewannya yang sakit atau sedang birahi meminta pengobatan. "Jadi, kita dapat laporan, kita langsung terjun ke lokasi," terangnya.

Ketiga, adalah pelayanan kesehatan hewan pasif. Pelayanan ini terbilang baru, pelayan ini ada setelah Puskeswan Kota Depok berubah menjadi UPTD. "Setelah menjadi UPTD kita buat terobosan untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan pasif. Itu adalah masyarakat yang mendatangi Puskeswan untuk mendapatkan pelayanan," jelasnya.

Puskeswan Kota Depok juga memberikan vaksinasi rabies dan obat cacing secara gratis. Untuk pendaftaran dapat dilakukan satu hari sebelumnya melalui nomor Whatsapp Puskeswan Kota Depok di 0812-9201-0132.

"Vaksinasi rabies, kita gratis. Kerena itu program pengendalian penyakit zoonosis," ujarnya. 

Penyakit zoonosis adalah penyakit pada hewan yang bisa menularkan kepada manusia. Jadi, misalnya hewan yang terkena rabies kemudian menggigit manusia dan manusia akan tertular penyakit rabies itu. "Itu sangat berbahaya untuk di anjing, kucing maupun kera," pungkas Aresa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement