Rabu 09 Mar 2022 14:28 WIB

SAR Bandung Siaga Berikan Pertolongan untuk Kru Kapal Kandas di Garut

Tim SAR Bandung mendapatkan sinyal darurat meminta bantuan dari kapal pukul 22.00 WIB

Kapal Tangker dilaporkan kandas di wilayah perairan Sancang, Kabupaten Garut. (Ilustrasi)
Foto: Humas Ditjen Hubla
Kapal Tangker dilaporkan kandas di wilayah perairan Sancang, Kabupaten Garut. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Kantor SAR Bandung telah menyiapkan sejumlah personel untuk siap siaga memberikan pertolongan terhadap kru Kapal tankerEndricko 3 yang kandas di perairan Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (9/3/2022).

Analis Pencarian dan Pertolongan Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor menyatakan, jajarannya telah siaga ketika mendapatkan informasi pada Selasa (8/3/2022) malam terkait adanya kapal kandas di Sancang, Garut. "Tim SAR gabungan masih siaga di lokasi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan bilamana kapal tersebut terbalik atau bocor bahan bakar," kata Joshua.

Baca Juga

Dia menuturkan, Tim SAR Bandung mendapatkan sinyal darurat yang meminta bantuan dari kapal pada pukul 22.00 WIB. Kepala Basarnas Jawa Barat Deden Ridwansah, kata Joshua, langsung merespon cepat kejadian kapal kandas di Pantai Sancang dan menerjunkan personel untuk memberikan bantuan.

"Kapal tanker terlihat dari darat berlayar terlalu dekat dengan garis pantai, jam 22.00 kapal mengirimkan sinyal emergency," katanya.

Dia menyampaikan, tim di lapangan sudah mengetahui kondisi kru kapal sebanyak 15 orang dalam keadaan selamat. "Tim saat ini sudah dapat berkomunikasi dengan ABK kapal," katanya.

Dia menambahkan, hingga Rabu siang kondisi kapal masih kandas belum bisa kembali ke tengah lautan karena air laut masih surut. "Air kembali naik namun tetap, kapal tetap stabil di lokasi kandas," kata Joshua.

Dilaporkan Kapal tangker Endricko 3 dengan 15 kru itu berangkat dari Sibolga, Sumatera Utara untuk mengambil aspal di Cilacap, Jawa Tengah. Namun, kapal tersebut salah jalur hingga akhirnya kandas di perairan Garut dan terjebak di hamparan karang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement