Jumat 11 Mar 2022 13:11 WIB

BPJamsostek Gandeng BRILink Kanal Permudah Bayar Iuran

Layanan ini merupakan salah satu kemudahan BPJamsostek bagi pekerja di pelosok.

Direktur Kepesertaan BPJamsostek Zainudin (kiri) bersama dengan Institutional and Wholesale Business Director Bank BRI Agus Noorsanto berbicara saat melaunching kerjasama pembayaran iuran di Jakarta. Selasa (8/3/2022). Sinergi tersebut untuk mempermudah peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa membayar iuran bisa melalui agen BRILink  yang tersebar sekitar 500.000 di Indonesia. Foto: Tahta Aidilla/Republika.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Direktur Kepesertaan BPJamsostek Zainudin (kiri) bersama dengan Institutional and Wholesale Business Director Bank BRI Agus Noorsanto berbicara saat melaunching kerjasama pembayaran iuran di Jakarta. Selasa (8/3/2022). Sinergi tersebut untuk mempermudah peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa membayar iuran bisa melalui agen BRILink  yang tersebar sekitar 500.000 di Indonesia. Foto: Tahta Aidilla/Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) menggandeng agen BRILink. Tujuannya, untuk menjadi salah satu kanal mempermudah pembayaran iuran kepesertaan sebagai inovasi perusahaan menghadirkan layanan yang lebih dekat dengan pekerja.

"Kali ini agen BRILink dioptimalkan sebagai salah satu kanal pembayaran iuran. Bukan tanpa alasan, kerja sama ini dilakukan karena Bank BRI memiliki 525.000 agen BRILink yang tersebar hingga ke pelosok kelurahan dan desa di seluruh Indonesia," kata Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Bekasi Cikarang Andry Rubiantara, Jumat (11/3/2022).

Andry mengatakan, layanan ini merupakan salah satu kemudahan BPJamsostek untuk pekerja khususnya di wilayah-wilayah pelosok yang belum memiliki kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. "Ini merupakan komitmen kami dalam memberikan pelayanan prima kepada para peserta, di mana layanan pembayaran iuran semakin banyak sehingga memperluas jangkauan layanan BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Dia menyebutkan, peresmian layanan ini ditandai peluncuran sinergi program antara Direktur Kepesertaan BPJamsostek Zainudin bersama Institutional and Wholesale Business Director Bank BRI Agus Noorsanto dalam kegiatan seremoni yang digelar secara virtual pada Selasa (8/3/2022).

"Fitur pembayaran iuran melalui agen BRILink kian melengkapi beragam kanal yang telah dimiliki oleh BPJamsostek. Jadi, peserta dapat dengan leluasa memilih kanal mana yang lebih mudah mereka gunakan. Tentu kerja sama ini akan terus berlanjut karena Bank BRI juga memiliki fokus yang sama yaitu sektor UMKM dan pekerja informal," kata Zainudin.

Pembayaran iuran melalui agen BRILink sangat mudah. Peserta Bukan Penerima Upah (BPU) cukup datang ke gerai Agen BRILink terdekat dengan menunjukkan KTP atau kartu peserta dan membayar sesuai dengan nominal iuran yang tertera.

Selain itu, agen BRILink juga melayani pembayaran iuran untuk pekerja Penerima Upah (PU). Caranya hampir sama, peserta atau pengurus perusahaan cukup membawa kode iuran yang telah didapatkan dan membayar sesuai tagihan.

Dengan kemudahan ini, Zainudin mengajak, seluruh pekerja segera mendaftar menjadi peserta BPJamsostek untuk memperoleh beragam manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di antaranya perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis. Kemudian santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian sebesar 48 kali upah hingga manfaat beasiswa bagi dua orang anak.

Selain itu, peserta yang ikut program Jaminan Hari Tua (JHT) juga mendapatkan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) berupa bunga ringan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP), dan Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP).

"Dengan hadirnya layanan BPJamsostek dekat dengan pekerja, diharapkan semakin banyak pekerja yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan sehingga mereka dapat bekerja dengan tenang dan memiliki hari tua yang sejahtera," kata Zainudin.

Sementara itu Agus Noorsanto menyatakan, kesiapan pihaknya untuk mendukung program BPJamsostek dalam menjangkau seluruh pekerja hingga daerah pelosok tanah air. Kerja sama ini, kata dia, diharapkan bisa mempermudah pekerja, tidak usah datang ke kantor-kantor bank, cukup datang ke agen-agen yang letaknya rata-rata di permukiman sehingga mudah dijangkau. 

"Saya kira itu akan sangat membantu bagi perluasan pemberian jaminan kepada para pekerja, baik penerima upah maupun bukan penerima upah," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement