Senin 21 Mar 2022 15:07 WIB

Dinkes Depok Peringati Hari TB Se-Dunia

Berbagai kegiatan digelar dalam rangka memperingati hari TB Se-Dunia 2022.

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati.
Foto: Dok Pemkot Depok
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memperingati Hari Tuberkulosis (TB) Se-Dunia 2022. Berbagai kegiatan seperti pelatihan laskar TB bagi remaja, skrining TB, sosialisasi, hingga penyuluhan TB digelar dalam rangkap memperingati Hari TB tersebut. 

"Berbagai kegiatan kami lakukan dalam memperingati Hari TB Se-Dunia tahun 2022 di Kota Depok," ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati di Balai Kota Depok, Senin (21/3/2022). 

Menurut Mary, untuk pelatihan laskar TB remaja dan pramuka peduli TB, penyuluhan dan skrining TB ke pesantren wilayah Tapos dan Cilodong. Selanjutnya, melakukan optimalisasi penemuan kasus dan akselerasi perjanjian kerja sama lahanan TB di klinik, sosialisasi gerakan serentak promosi dan skrining gejala TB di fasilitas pelayanan kesehatan.

"Juga ada podcast dalam rangka Hari TB Sedunia bersama Ketua Koalisi Organisasi Profesi (KOPI) TB dan Yayasan KNCV Indonesia," terangnya.

Dia menambahkan, juga ada skrining TB pada 100 kontak erat di daerah kumuh dan padat penduduk, skrining TB melalui rontgen thorak di rutan kelas 1 Depok pada 21 Maret hingga 2 April. Serta gerakan serengak promosi dan skrining gejala TB di fasilitas pelayanan kesehatan. 

"Juga ada kegiatan webinar TB pada 25 Maret, lomba kader TB pada 26 Maret, penandatanganan kerja sama Dinkes dengan RS terkait layanan TB. Serta webinar TB bagi tenaga kesehatan pada 31 Maret mendatang," ucap Mary. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement