Selasa 22 Mar 2022 09:37 WIB

Pemkot Bogor Rencana Gelar PTM 100 Persen Juli Mendatang

Rata-rata sekolah saat ini sudah sangat siap dari sisi penunjang protokol kesehatan.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi, ketika diwawancara soal evaluasi PTM di Kota Bogor.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi, ketika diwawancara soal evaluasi PTM di Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen mulai tahun ajaran baru pada Juli 2022. Saat ini, PTM yang digelar di Kota Bogor masih terbatas 50 persen kapasitas.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Hanafi, mengatakan, saat ini, PTM masih digelar terbatas dengan kapasitas murid 50 persen per kelas dan sebagian siswa lain masih belajar secara daring dari rumah.

Kata dia, pemberlakuan PTM 50 persen merupakan penyesuaian guru, murid, dan sekolah sebelum memasuki PTM secara menyeluruh 100 persen. “Kita penyesuaian terlebih dulu. Nanti tahun ajaran baru (Juli 2022), bilamana memungkinkan diakan 100 persen,” kata Hanafi, Senin (21/3/2022).

Dari sisi kesiapan sekolah, Hanafi menilai, rata-rata sekolah saat ini sudah sangat siap dari sisi penunjang protokol kesehatan dan Disdik terus melakukan pengawasan. 

Dia memastikan, tahapan-tahapan mulai dari tata cara, peraturan, dan tindakan preemptif di setiap sekolah sudah dilakukan secara standar. Meskipun masing-masing sekolah mempunyai cara berbeda dalam penerapan prokes. 

Di sisi lain, lanjutnya, kasus Covid-19 Kota Bogor saat ini juga cenderung terkendali dengan angka positif baru di bawah 100 kasus dan angka kesembuhan terus meningkat. Menurutnya, yang penting pihak sekolah secara konsisten menjaga momen ini untuk selanjutnya bisa melakukan PTM secara menyeluruh pada Juli nanti.

“Tetap harus dalam kondisi protokol kesehatan. Jangan sampai hanya satu dua hari, ke depannya tidak diterapkan bahkan dibiarkan,” tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement