Selasa 22 Mar 2022 11:15 WIB

Wadan Kodiklatad Buka Pembekalan ToT Komponen Cadangan

Peran Komponen Cadangan (Komcad) sangat penting dalam mendukung Komponen Utama.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto
Wadan Kodiklatad, Mayjen TNI Kasuri saat membukan ToT Komponen Cadangan
Foto: Penerangan Kodiklatad
Wadan Kodiklatad, Mayjen TNI Kasuri saat membukan ToT Komponen Cadangan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatad, Mayjen TNI Kasuri, membuka kegiatan pembekalan Training of Trainer (ToT) Komponen Cadangan (Komcad) di ruang Rapat Ganesha Makodiklatad, Senin (21/3/2022). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyiapkan Komponen Cadangan agar memiliki kemampuan dan keterampilan militer dasar

Dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Selasa (22/3/2022), kegiatan pembekalan ToT Komcad ini merupakan yang kedua kalinya. Dalam kegiatan ini melibatkan para calon pelatih dan pendukung dari Kodam II Sriwijaya, Kodam VI Mulawarman,  Kodam XIV Hasanudin,  Pusdiklat Marinir (TNI-AL), dan Pusdiklat Pasgat (TNI-AU). 

 

photo
Wadan Kodiklatad, Mayjen TNI Kasuri saat membukan ToT Komponen Cadangan - (Penerangan Kodiklatad)

 

Dalam sambutan Dankodiklatad, Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, yang dibacakan Wadankodiklatad, mengatakan, peran Komcad sangat penting dalam mendukung Komponen Utama. Oleh karena itu proses penyiapan pendidikan Komcad harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Sehingga para peserta memiliki kemampuan dasar kemiliteran yang baik, semangat, rasa cinta tanah air, serta disiplin yang tinggi. 

Sementara itu, Dirjen Pothan Kemhan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha memberikan pengarahan kepada para peserta pembekalan. Dia mengatakan, tujuan dari TOT untuk menyamakan visi dan misi pelatih dalam mengaplikasikan materi yang akan diajarkan dan dilatihkan dalam latsarmil. 

Dia berharap, peserta pendidikan Komcad dapat memiliki kemampuan dasar militer. Di antaranya kemampuan menembak tingkat pratama, menguasai permildas, beladiri militer, serta memiliki sikap dan mental yang kuat.

Hadir dalam acara yang diselenggarakan secara tatap muka dan teleconference, Dir Sumdahan Ditjen Pothan Kemhan, Waaspers Kasad Bidang Renpers, Waaspers Kasal, Waaspotdirga Kasau, para Direktur Kodiklatad, Danrindam III Siliwangi, Mulawarman, Hasanudin, Kasubdit Rendia Dit Sumdahan Ditjen Pothan Kemhan, Dankodikmar, dan Danpusdiklat Pasgat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement