Rabu 23 Mar 2022 06:16 WIB

Fasilitas di Pantai Sayang Heulang Garut Perlu Dibenahi

Spot ikonik di Pantai Sayang Heulang pascapenataan yaitu monumen dua sayap elang.

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil didampingi Wabup Garut, Helmi Budiman, meresmikan wajah baru Pantai Sayang Heulang yang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Ahad (20/2/2022).
Foto: Dok. Diskominfo Garut
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil didampingi Wabup Garut, Helmi Budiman, meresmikan wajah baru Pantai Sayang Heulang yang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Ahad (20/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meninjau kondisi terkini objek wisata Pantai Sayang Heulang di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Selasa (22/3/2022). Peninjauan itu bertujuan untuk melihat kesiapan objek wisata tersebut menghadapi momen libur Lebaran mendatang.

Helmi menilai, kondisi pantai yang diresmikan usai direvitalisasi itu, sudah dapat dikunjungi dan dinikmati wisatawan. Namun, menurut dia, terdapat sejumlah fasilitas penunjang di Pantai Sayang Heulang yang perlu ditambah dan dibenahi, seperti ketersediaan tempat sampah, dan penerangan.

"Seperti tempat sampah masih minim, kemudian kalau malam hari perlu ada penerangan berupa neon box atau lampu," kata dia, melalui siaran pers, Selasa.

Selain itu, menurut dia, pohon-pohon di kawasan objek wisata itu juga masih kecil. Padahal, dia ingin ada pohon besar di tempat itu.

 

photo
Suasana kawasan Pantai Sayang Heulang, Kabupaten Garut. (Dok Diskominfo Garut)

 

Helmi juga menyoroti belum banyaknya papan informasi untuk pengunjung. "Ini mudah-mudahan bisa kami lengkapi menghadapi liburan Lebaran di bulan syawal," kata dia.

Ia berharap, dalam menyambut hari libur Idulfitri mendatang, destinasi wisata di Kabupaten Garut dapat segera dibenahi. Dengan begitu, objek wisata dapat semakin nyaman dan menarik untuk wisatawan. "Harus semakin nyaman, harus semakin menarik," kata dia.

Sebelumnya, Pantai Sayang Heulang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, usai direvitalisasi, pada Ahad (20/2/2022). Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, objek wisata yang berada di selatan Kabupaten Garut itu telah menjadi lebih cantik dan instagramable setelah dilakukan penataan.

Dia menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar menghabiskan anggaran sekitar Rp 14 miliar untuk menata objek wisata Sayang Heulang, yang memiliki garis pantai sekitar 3,5 kilometer. Anggatan itu digunakan untuk membangun beberapa spot baru, yang diharapkan dapat menyedot animo wisatawan.

"Saya sengaja meresmikannya sore, berharap sambil melihat terbenamnya matahari. Karena pantai itu biasanya dinikmati saat pagi dan sore," kata dia, ketika meresmikan objek wisata itu.

Saat ini, terdapat sejumlah spot baru di Pantai Sayang Heulang. Salah satu spot yang ikonik di Pantai Sayang Heulang pascapenataan yaitu monumen dua sayap elang. Monumen itu disebut sering dijadikan titik swafoto para wisatawan. Selain itu, terdapat juga belasan gazebo yang berjajar menghadap ke Samudera Hindia, jalur pedestrian yang nyaman juga membentang di sepanjang garis pantai, jembatan, menara pandang, hingga area kuliner di bibir pantai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement