Sabtu 26 Mar 2022 17:08 WIB

Taman Pemakaman Muslim Berkonsep Tanah Wakaf Hadir di Kabupaten Bogor

Firdaus Memorial Park di Kabupaten Bogor memiliki lahan seluas 1,7 hektare.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Pemaparan launching Taman Wakaf Pemakaman Firdaus Memorial Park di Bogor oleh jajaran Sinergi Foundation dan Firdaus Memorial Park, Sabtu (26/3)
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Pemaparan launching Taman Wakaf Pemakaman Firdaus Memorial Park di Bogor oleh jajaran Sinergi Foundation dan Firdaus Memorial Park, Sabtu (26/3)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park kini dibangun di Kabupaten Bogor. Program tersebut merupakan pemakaman berbasis wakaf yang mengusung konsep asri, nyaman, dan sesuai syariah.

Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park terletak di Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Sebelumnya, Firdaus Memorial Park sudah dibangun di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung dan Ujung Berung, Kota Kandung dengan konsep yang sama.

Direktur Firdaus Memorial Park, Eddy Firdaus menyatakan, Firdaus Memorial Park di Kabupaten Bogor memiliki lahan seluas 1,7 hektare. Dengan konsep wakaf, sambung dia, Firdaus Memorial Park menghadirkan pemakaman bagi si kaya dan si miskin dalam kompleks pemakaman yang sama.

"Kita harapkan orang-orang yang berkecukupan dan mau, kita galang dana atau ajak untuk berwakaf di Firdaus Memorial Park. Kita dorong untuk sama-sama kita bebaskan lahan, kita sama-sama jawab permasalahan pemakaman ini,” ujarnya ketika ditemui Republika di Institut Tazkia Bogor, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Sabtu (26/3).

Dengan turut serta dalam program itu, kata dia, pewakaf akan mendapat keuntungan berupa kavling pemakaman untuk dirinya dan keluarga. Pewakaf juga turut menyediakan pemakaman gratis bagi masyarakat dhuafa. Eddy menjelaskan, di lahan seluas 1,7 hektare tersebut akan terdapat 2.800 kavling bertingkat. Sehingga satu kavling dapat menampung sampai tiga jenazah.

Jenazah pertama, menurut Eddy, berada di kedalaman 2,3 meter. Jenazah kedua di 1,8 meter dan jenazah ketiga ada di kedalaman 1,3 meter. Sehingga, diperkirakan Firdaus Memorial Park di Kabupaten Bogor bisa menampung 8.400 jenazah.

"Diharapkan ini bisa jadi efisiensi lahan di tengah sempitnya lahan pemakaman. Ini kita sedang proses cut and filled dan pembangunan kavling. Insya Allah beberapa pekan ke depan bisa siap dipakai untuk pemakaman," ucap Eddy.

CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan menambahkan penerima manfaat dari taman wakaf adalah penduduk setempat dan masyarakat dhuafa. Di tengah permasalahan pemakaman, pihaknya menggagas untuk menghimpun dana wakaf dari masyarakat mampu.

"Jadi konsepnya bukan jual beli, ini wakaf. Yang wakaf dapat benefit seperti halnya wakaf membangun masjid. Jadi bisa dapat benefit dengan dimakamkan pula di Firdaus Memorial Park," ucap Asep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement