Rabu 20 Apr 2022 15:56 WIB

Pangdam Jaya Luncurkan Sekolah Toleransi di SMAN 1 Depok

Penerapan sikap toleransi di kalangan pelajar, akan ditularkan pada sekolah lain.

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto
Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen Untung Budiharto.
Foto: Dok Pendam Jaya
Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen Untung Budiharto.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pangdam Jaya Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Untung Budiharto resmi meluncurkan Sekolah Toleransi di SMAN 1 Depok, Rabu (20/4/2022). Kegiatan itu dilakukan untuk menumbuhkan generasi bangsa yang toleran yang cinta NKRI dan Pancasila.

"Dengan diluncurkan Sekolah Toleransi, diharapkan generasi muda Indonesia mampu memiliki sifat-sifat yang toleran, saling menggargai, bekerjasama dan menciptakan kerukunan tanpa memandang suku, bangsa dan agama. Sehingga dari sekolah inilah kader-kader toleransi akan muncul dan menjadi pionir di dalam masyarakat," ujar Untung.

Menurut Untung, penerapan sikap toleransi di kalangan pelajar, tidak hanya dilakukan di SMA Negeri 1 Depok, namun akan ditularkan di sekolah-sekolah lain. Hal tersebut, lantaran toleransi merupakan suatu kekuatan untuk menjaga persatuan.

"Baik dalam skala mikro, dikalangan keluarga, di masyarakat, maupun nantinya di bangsa dan negara Indonesia," terangnya. 

Kepala Disdik Provinsi Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi menyampaikan apresiasinya atas peluncuran Sekolah Toleransi yang dilakukan Pangdam Jaya di SMAN 1 Depok. Hal serupa juga telah dilakukan di salah satu sekolah di wilayah teritorial Kodam III/Siliwangi atau Jawa Barat (Jabar).

"Saya sangat bersyukur dan apresiasi atas ide Pak Mayjen untuk meluncurkan sekolah toleransi di wilayah Kota Depok," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement