Kamis 28 Apr 2022 13:01 WIB

Penyaluran BBM di Priangan Timur Capai 2 Juta Liter per Hari

Seluruh SPBU di jalur utama wilayah Priangan Timur akan disiagakan 24 jam. 

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto
Kendaraan dari arah timur menuju barat tengah menunggu dibukanya sistem arah di kawasan SPBU Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Sistem satu arah diterapkan guna mempercepat laju pemudik.
Foto: Rizky suryarandika
Kendaraan dari arah timur menuju barat tengah menunggu dibukanya sistem arah di kawasan SPBU Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Sistem satu arah diterapkan guna mempercepat laju pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- PT Pertamina Patra Niaga memastikan penyaluran BBM di wilayah Priangan Timur selama momen mudik Lebaran tetap aman. Layanan SPBU di seluruh wilayah itu juga ditingkatkan.

Sales Area Manager PT Pertamina Patra Niaga Retail Bandung, Fachrizal Immadudin, mengatakan, hingga Rabu (27/4/2022), realisasi penyaluran BBM dari depot Tasikmalaya 85 SPBU di seluruh wilayah Priangan Timur mencapai 2.000 kiloliter atau 2 juta liter. Penyaluran itu dilakukan dengan menggunakan 33 mobil tangki. Pihaknya juga telah menyiagakan lima mobil tangki tambahan apabila diperlukan.

"Itu saat ini sudah tersalurkan 2.000 kiloliter per harinya. Dan itu pastinya, diprediksi akan terus meningkat seiring dengan peningkatan traffic di jalur lintas ini (selatan)," kata dia, Rabu (27/4/2022) malam.

Dia menambahkan, seluruh SPBU di jalur utama wilayah Priangan Timur juga akan disiagakan 24 jam. Itu merupakan salah satu bentuk layanan tambahan kepada pemudik selama momen Lebaran.

 

Tak hanya itu, Fachrizal menyebutkan, Pertamina juga menyediakan sejumlah layanan untuk pemudik di jalur selatan Jawa Barat (Jabar). Layanan itu adalah tiga titik layanan modular, 34 titik layanan motoris, dan 11 titik SPBU kantong.

"Tiga titik modular itu kami sediakan di wilayah Pangandaran. Jadi pemudik yang berwisata juga tak akan kekurangan BBM," kata dia.

Sementara itu, layanan motoris yang dimaksudkan untuk mengantar BBM kepada pemudik yang kehabisan bensin di perjalanan, disediakan di sepanjang jalur selatan dari Nagreg hingga Banjar. Pengendara hanya tinggal menelpon call center Pertamina di nomor 135 yang sudah terkoneksi dengan kepolisian.

"Layanan itu tersedia mulai dari Nagreg, Limbangan, Malangbong, Ciawi, Banjaran, dan Pangandaran. Selama masa Lebaran, tidak ada biaya tambahan selain biaya BBM. Minimal 10 liter maksimal 30 per liter," ujar Facrizal.

Sementata itu, 11 titik SPBU kantong disediakan untuk mengisi SPBU yang stoknya kritis. Nantinya, Pertamina juga juga akan dikawal aparat kepolisian agar tidak timbul masalah lain dalam penyaluran BBM.

Selain mmeberikan kepastian ketersediaan BBM, Pertamina juga menyediakan layanan Lesehan Enduro di wilayah Nagreg. "Di sana para pemudik bisa istirahat sejenak agar fisik tetap prima dan aman," kata Fachrizal.

Dia mengimbau, pemudik yang akan berkendara memastikan fisik dan kendaraannya dalam kondisi prima. Dia juga menyarankan, pemudik selalu isi penuh tangki kendaraan di SPBU yang disinggahi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement