Senin 02 May 2022 11:40 WIB

Siang Setelah Lebaran, Tukang Bakso di Tasikmalaya Ramai Pembeli

Salah satu menu makanan populer setelah saling bermaafan di momen fitri adalah bakso.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Yudha Manggala P Putra
Warung Mi Bakso meramai usai Lebaran
Foto: Republika/Bayu Adji P
Warung Mi Bakso meramai usai Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Momen Lebaran selalu identik dengan ketupat, opor ayam, dan rendang. Hampir di setiap rumah masyarakat Indonesia, menu selalu tersedia saat perayaan Idulfitri.

Namun bukan hanya ketupat yang popoler untuk momen yang datang sekali dalam setahun itu. Salah satu menu makanan populer setelah saling bermaafan di momen fitri adalah bakso.

Republika mengunjungi salah satu rumah makan bakso, Mie Baso Firman, yang berada di Simpang Lima Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Mie Baso Firman, jelang siang saat momen Lebaran, Senin (2/5/2022).

Ketika Republika datang sekitar pukul 09.30 WIB, para pegawai di rumah makan itu baru bersiap. Namum, sudah terdapat sejumlah masyarakat yang datang untuk memesan.

Arlinda (22 tahun) adalah salah satu orang yang memesan bakso di tempat makan itu. Ia memang sengaja datang bersama keluarganya untuk menikmati kuliner olahan daging sapi yang sudah terkenal di Tasikmalaya itu.

"Setiap tahun pasti makan di sini. Baksonya urat sama kuahnya enak. Sudah terkenal," kata dia sambil menunggu pesanannya datang.

Menurut dia, menyantap bakso di siang hari usai sebulan lamanya berpuasa merupakan sebuah kenikmatan. Apalagi, momen menyantap bakso itu dilakukan bersama keluarga.

"Jadi sekalian kumpul keluarga, sekalian makan bakso. Soalnya bosan juga kalau makan ketupat terus," ujar perempuan itu.

Tak hanya Arlinda yang datang ke Mie Baso Firman siang itu. Septian (30) bahkan datang ke tempat makan itu bersama keluarga besarnya dari Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, yang jumlahnya lebih dari 10 orang.

"Saya dari Ciahurbeyti, sekalian jalan-jalan ke Tasik nyari tukang bakso. Kalau ke kota (pusat kota Ciamis) jauh, jadi ke sini," kata dia.

Septian berkeliling mencari bakso saat bukan bertarti karena keluarganya tak membuat ketupat pada momen hari raya. Namun, hampir seluruh anggota keluarganya adalah penikmat bakso. Karena itu, momen Lebaran hampir selalu jadi waktu untuk makan bakso bersama.

"Setiap lebaran pasti nyari tempat bakso. Kalau gak ada yang buka, ya beli yang di pinggir jalan, makan ramai-ramai sama keluarga," kata dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement