Rabu 11 May 2022 15:09 WIB

Masa Lebaran, Tiket KA di Daop 3 Cirebon Terjual Hampir 100 Ribu

Kondisi penumpang yang naik/berangkat saat ini masih masuk kategori ramai.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Penumpang kereta di Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat.
Foto: ANTARA/dedhez anggara
Penumpang kereta di Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Jumlah tiket kereta api (KA) yang telah terjual untuk keberangkatan selama masa angkutan lebaran di wilayah Daop 3 Cirebon mencapai 99.790 buah. Meski masa libur lebaran sudah berakhir, namun kondisi penumpang yang naik/berangkat saat ini masih masuk kategori ramai.

"Jumlah tiket yang telah terjual itu 20 persen lebih tinggi dari program yang telah ditentukan, yakni sebesar 82.795 penumpang," ujar Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, Rabu (11/5).

Suprapto menyebutkan, memasuki periode setelah Lebaran, 4 - 9 Mei 2022, penumpang yang naik/berangkat di wilayah Daop 3 Cirebon rata-rata diatas 7.500 penumpang per harinya. Sedangkan sebelum Lebaran, rata-rata penumpang yang naik berjumlah antara 2 ribu – 3 ribu penumpang per hari.

"Hari ini, kondisi penumpang yang naik berangsur mulai menurun jumlahnya, namun masih masuk kategori ramai, dengan jumlah  4.314 penumpang," ujar Suprapto.

 

Suprapto menyebutkan, untuk rekor jumlah penumpang naik tertinggi selama masa angkutan Lebaran 2022, di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, terjadi pada Kamis (5/5), dengan penumpang yang naik  mencapai angka 9.304 penumpang.

Sementara untuk jumlah penumpang yang turun/kedatangan, saat ini juga mulai menunjukan penurunan dibandingkan pada masa sebelum Lebaran. Pada hari ini, Rabu (11/5), penumpang yang turun mencapai angka 2.220 penumpang. Untuk puncak kedatangan/penumpang turun, telah terjadi pada Sabtu (30/4) dengan jumlah 7.577 penumpang. 

"Trend lonjakan penumpang yang naik, walaupun terjadi penurunan dibandingkan hari sebelumnya, saat ini masih dalam kondisi diatas rata-rata dibandingkan pada hari biasa," tukas Suprapto.

Kondisi itu diperkirakan akan terus berlangsung hingga Senin, 16 Mei 2022, mengingat adanya libur Hari Waisak.

Suprapto menjelaskan, tiket yang menjadi favorit masyarakat di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon selama masa angkutan Lebaran 2022, untuk tiket dari Cirebon ke arah timur saat arus mudik, okupansinya rata-rata mencapai 100 persen.

Sedangkan tiket dari Cirebon ke arah barat saat periode arus balik, okupansinya rata-rata mencapai 98 persen.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan setia KAI, khususnya di wilayah Daop 3 Cirebon, atas kepercayaan dan kerja samanya dalam menggunakan jasa layanan transportasi kereta api selama masa angkutan Lebaran 2022 ini," ujar Suprapto. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement