Selasa 14 Jun 2022 00:40 WIB

PNM Garut Targetkan Rp 1,3 Triliun untuk Kucuran Permodalan Usaha

Saat ini PNM Cabang Garut sudah memiliki 300 ribuan nasabah.

PT Permodalan Nasional Madani (PNM).
Foto: Republika /Yogi Ardhi
PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Kabupaten Garut, Jawa Barat menargetkan tahun 2022 bisa mengucurkan dana untuk membantu permodalan dalam program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) sebesar Rp 1,3 triliun, angka itu optimistis tercapai karena pertengahan tahun sudah Rp 700 miliar."Kita diminta tahun 2022 ini menyalurkan Rp 1,3 triliun mudah-mudahan optimis sampai, karena kita dibantu KRM (Kepala Regional Mekaar)," kata Kepala Cabang PNM Kabupaten Garut, Abu Hasan saat jumpa pers acara Sosialisasi Perizinan Usaha Berbasis Resiko di Fave Hotel, Kabupaten Garut, Senin (13/6/2022).

Ia menuturkan PT PNM Kabupaten Garut terus menunjukkan pertumbuhan yang cukup bagus setiap tahunnya, beberapa tahun sebelumnya ada tiga ribuan nasabah, dan saat ini sudah 300 ribuan nasabah, terbanyak dari program Mekaar. Ia mengungkapkan PT PNM Garut sampai pertengahan 2022 sudah mengucurkan pinjaman modal kepada pelaku usaha sebesar Rp700 miliar dengan nilai pinjaman modal untuk program Mekaar minimal Rp2 juta, dan maksimal Rp5 juta.

Baca Juga

Menurut dia capaian target pemberian modal usaha sebesar Rp1,3 triliun diperkirakan bisa tercapai di akhir tahun 2022."Sekarang baru sampai Rp700 miliar, mudah-mudahan akhir tahun nanti bisa tercapai," katanya.

Kepala Regional Mekar PNM Garut Wilayah 1 binaan perkotaan dan selatan Garut, Fuji Teguh mengatakan selama ini pertumbuhan usaha dari program Mekaar terus berkembang tercatat sudah ada 132.500 nasabah di 19 kecamatan dengan jumlah kelompok sebanyak 39 unit.Ia menyebutkan penyerapan modal usaha tidak hanya di wilayah perkotaan melainkan sudah menyebar di wilayah pelosok selatan Garut.

"Yang masuk wilayah kerja saya meliputi Garut Kota sampai wilayah selatan sampai Bungbulang, Cisewu dengan total ada 132.500 nasabah atau 39 unit," katanya.

Kepala Regional Mekar PNM Garut Wilayah 2 wilayah utara Garut dan Kabupaten Sumedang, Levi menambahkan tercatat ada 42 unit atau kelompok dalam program Mekaar, dan khusus Garut ada 69.811 nasabah."Garut utara dan Sumedang ada 42 unit, terdiri dari 19 unit di Kabupaten Garut, sisanya di Sumedang, jumlah nasabahnya di Garut 69.811 nasabah," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement