Rabu 15 Jun 2022 17:41 WIB

Disbudpar Bandung Gandeng Pelaku Usaha Kopi Promosi Event Pariwisata

Disbudpar berencana menyiapkan fasilitas informasi untuk turis di salah satu mal.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Pegawai mengenakan pelindung wajah (face shield) beraktivitas di Maxx Coffee, Jalan Merdeka, Kota Bandung.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pegawai mengenakan pelindung wajah (face shield) beraktivitas di Maxx Coffee, Jalan Merdeka, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung menggandeng pelaku usaha kopi untuk mempromosikan event pariwisata di Kota Bandung. Langkah kerja sama diharapkan dapat mempromosikan kepada masyarakat bahwa Bandung aman dan nyaman pasca 2 tahun pandemi.

"Ini kerja sama pertama, kafe dengan Disbudpar mempromosikan Kota Bandung," ujar Kepala Disbudpar Kota Bandung Dewi Kania Sari saat meluncurkan program kerja sama di Jalan Buah Batu, Selasa (14/6/2022).

Dia mengatakan, bentuk kolaborasi dengan pelaku usaha kopi jenis kafe yaitu penyediaan papan informasi yang berisi event-event pariwisata di Kota Bandung dan Provinsi Jabar. Secara rutin, pihaknya akan memberikan informasi kepada pelaku usaha tentang event pariwisata yang akan disebarluaskan.

"Harapan kami (pelaku) usaha pariwisata tidak hanya promosi usahanya tapi promosi Kota Bandung, kita butuh promosi banyak agar viral dan masif dengan promosi ini kita terbantu kita," katanya.

Dia mengajak, seluruh pelaku usaha pariwisata untuk turut serta mempromosikan event-event di Kota Bandung. Ke depan rencana yang akan dilakukan yaitu menyiapkan fasilitas informasi untuk turis di salah satu mal di Kota Bandung.

"Kita tengah mempersiapkan tourist information di salah satu mal, ini menjadi contoh tourist friendly mall," katanya. Pada fasilitas tersebut ke depan akan ditempatkan petugas yang menginformasikan tentang pariwisata ke wisatawan.

Kepala dinas yang akrab disapa Kenny ini menyebut pasca 2 tahun pandemi Covid-19 upaya yang dilakukan yaitu pemulihan ekonomi. Salah satu yang digencarkan di sektor pariwisata adalah promosi kepada seluruh masyarakat tentang Kota Bandung yang aman dan nyaman.

"Kita gencar promosi dan siap menerima kunjungan wisatawan, kita level satu dan melalui pelayanan informasi kepada pengunjung bahwa di Bandung kenyamanan dan keamanan," katanya.

CEO Maxx Coffee Mehdi Zaidi mengatakan pihaknya berkomitmen untuk berkolaborasi dengan Disbudpar Kota Bandung dalam menginformasikan tentang kegiatan-kegiatan pariwisata di Kota Bandung. Ia mengatakan budaya di Kota Bandung memiliki keunikan dan perbedaan serta banyak.

Dia mengatakan, ke depan pihaknya akan terus bekerja sama untuk program-program lainnya. Event-event pariwisata di Kota Bandung diinformasikan melalui Community Story dan terdapat scan barcode yang dapat digunakan untuk mengetahui acara yang tengah berlangsung tahun 2022.

Event pariwisata yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 diantaranya Bandung Independent Film Fest pada 24-26 Juni di Dago Tea House. World Music Concert SORA III Journey of Live 15 Juli, Bandung Run 2 Oktober, Bandung Isola Performing Arts Festival 20 Oktober, Bandung Photography Month 16 Oktober dan International Photography and Short Movie Festival 25-27 November.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement