Sabtu 09 Jul 2022 17:54 WIB

Jamaah Haji Asal Jabar Doakan Almarhum Eril Saat Wukuf di Arafah

Doa dilangsungkan di setiap mahtab jamaah haji dan dipimpin oleh para ketua kloter.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Jamaah wukuf di Arafah
Foto: AP/Amr Nabil
Jamaah wukuf di Arafah

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Doa untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, terus mengalir dari Tanah Suci, Makkah. Dari video yang beredar, kali ini doa serentak digelar oleh 17 ribu jamaah haji asal Jabar di mahtab sektor 5 sebelum menggelar ibadah wukuf di Arafah, Mekah, Jumat (8/7/2022).

Doa dilangsungkan di setiap mahtab jamaah haji dan dipimpin oleh para ketua kloter haji masing-masing. Pada salah satu video, pemimpin rombongan meminta jamaah untuk mendoakan putra sulung Ridwan Kamil yang meninggal di Sungai Bern, Swiss tersebut.

"Mari kita mendoakan putra sulung Bapak Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz agar mudah-mudahan arwah beliau diterima Allah SWT, dimasukan ke surga Allah, dan ditempatkan dengan ridhanya Allah SWT," katanya.

Jamaah haji Indonesia mulai tiba di Padang Arafah di timur Kota Makkah sejak Kamis (7/7/2022) pagi waktu Arab Saudi untuk melaksanakan wukuf pada 9 Dzulhijjah 1443 Hijriyah.

 

Sebelumnya, dalam kunjungannya menemui jamaah haji, Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta kepada jamaah haji asal Jabar untuk fokus beribadah supaya pulang ke Indonesia menjadi haji yang mabrur.

“Kesempatan itu rahasianya Allah SWT. Makanya, cara mensyukurinya adalah menjadi haji mabrur. Jangan mikirin di Bogor kumaha, di Cirebon kumaha, di Bandung kumaha, fokus di sini. Kurangi main hp-nya, hp-nya geser ke aplikasi Alquran, aplikasi hadis,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil

Emil pun bersama Atalia Praratya Ridwan Kamil dan Gus Miftah melantunkan tahlil untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz di depan Ka'bah. 

Hal itu terlihat dari video yang diunggah Gus Miftah di akun pribadi instagramnya. Dalam video tersebut, terlihat khusyuk mengucapkan doa-doa untuk putra sulungnya. Begitu juga Gus Miftah sambil memegang foto Eril. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement