Kamis 25 Aug 2022 16:19 WIB

Tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Ini Target dari Bek Persija Bersama Timnas

Saya ingin menunjukkan saya pantas berada di timnas

Pesepak bola NTT Frengky Deaner Missa (kiri) meluapkan kekecewaannya saat pertandingan penyisihan Sepak Bola putra PON Papua melawan Jawa Barat di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). Jawa Barat menang tipis atas NTT dengan skor akhir 1-0
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Pesepak bola NTT Frengky Deaner Missa (kiri) meluapkan kekecewaannya saat pertandingan penyisihan Sepak Bola putra PON Papua melawan Jawa Barat di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). Jawa Barat menang tipis atas NTT dengan skor akhir 1-0

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bek sayap Persija Frengky Deaner Missa menargetkan dirinya tampil memperkuat tim nasional Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 14-18 September 2022.

Untuk itu, pesepak bola berusia 18 tahun tersebut bertekad memberikan upaya terbaik dalam pemusatan latihan (TC) di Jakarta. TC tersebut menjadi momen untuk menyaring pemain-pemain terbaik yang akan dibawa pelatih Shin Tae-yong ke Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

"Saya tak mau sekadar dipanggil. Saya ingin menunjukkan saya pantas berada di timnas dengan memberikan kemampuan terbaik," ujar Frengky di Jakarta, Kamis (25/9).

Frengky menjadi salah satu dari 36 pemain yang dipanggil untuk TC persiapan Piala Asia U-20 2023 pada 25 Agustus-6 September 2022.

 

Selain dirinya, ada sembilan nama lain dari Persija yang turut mengisi tempat di TC tersebut. Frengky sendiri berstatus debutan di timnas U-19 tersebut.

Meski begitu, pemain asal Nusa Tenggara Timur tersebut tak gentar. Dia cukup optimistis dengan peluangnya untuk masuk ke skuad inti Kualifikasi Piala Asia U-20 lantaran sudah mengetahui gaya kepelatihan juru taktik timnas U-19 Indonesia Shin Tae-yong.

Frengky mencari informasi itu dari beberapa rekan seklubnya yang sudah pernah berlatih bersama Shin Tae-yong di timnas U-19 seperti Alfriyanto Nico.

"Saya sudah bertanya ke teman-teman. Shin banyak latihan fisik terutama di 'gym' (pusat kebugaran-red) untuk penguatan-penguatan," tutur pria yang memperkuat Nusa Tenggara Timur di PON XX Papua itu.

Satu hal lain yang diketahuinya dari pemain Persija yang berpengalaman dengan Shin adalah pelatih asal Korea Selatan itu memiliki metode latihan mirip dengan Thomas Doll sang pembesut Persija.

Apalagi, baik Shin dan Thomas Doll memiliki formasi favorit yang sama yakni bermain dengan tiga bek.

"Di klub dan timnas tidak terlalu jauh berbeda latihannya. Formasi juga begitu. Jadi sudah punya bekal untuk mengikuti TC timnas U-19," kata Frengky.

Adapun 10 pemain Persija di TC timnas U-19 terkini yaitu Agi Firmansyah, Achmad Maulana Syarif, Dia Syayid Alhawari, Rayhan Utina dan Teuku Razza Fachrezi dari akademi Persija, lalu sisanya yairu Alfriyanto Nico Saputro, Cahya Supriadi, Frengky Deaner Missa, Ginanjar Wahyu dan Muhammad Ferarri dari tim utama.

Namun, Persija mengajukan permohonan agar lima nama dari tim utama, termasuk Frengky, diizinkan untuk menyusul bergabung dengan timnas U-19 dan itu sudah disepakati oleh PSSI serta Shin Tae-yong.

Dengan demikian, lima pemain dari tim akademi dipersilakan merapat ke TC sesuai jadwal, sementara lima sisanya yang berasal dari tim utama Persija akan dilepas pada 12 September 2022 atau setelah laga Persija kontra Barito Putera pada Ahad (11/9).

Di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Indonesia berada di Grup F bersama Timor Leste, Hong Kong dan Vietnam.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement