Jumat 21 Oct 2022 13:02 WIB

Dede Yusuf Dorong Mahasiswa Miliki Skill Hadapi Dunia Kerja

Diharapkan mahasiswa dapat siap menghadapi persaingan di era industri 4.0.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Anggota MPR Fraksi Demokrat Dede Macan Yusuf Effendi.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Anggota MPR Fraksi Demokrat Dede Macan Yusuf Effendi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Anggota Komisi X DPR RI Dede Yusuf mengajak kepada 1.600 mahasiswa Institut Teknologi Nasional (Itenas) untuk memiliki kemampuan dan kapasitas atau skill menghadapi dunia kerja saat menyampaikan kuliah umum, Kamis (20/10/2022). Selain itu mereka pun didorong untuk fokus menatap masa depan.

"Perluas akses pergaulan melalui organisasi kemahasiswaan, kembangkan bakat, ikut kursus formal dan informal," ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima, Jumat (21/10/2022).

Dia mendorong, mahasiswa untuk menjalin dan membina koneksi dengan alumni yang telah berhasil di dunia kerja. Dede pun mengingatkan untuk melakukan manajemen waktu lulus tepat waktu dan fokus masa depan serta tidak terlalu idealis.

"Itu adalah cara-cara agar mahasiswa bisa menjadi mahasiswa produktif," katanya.

Dede Yusuf menyampaikan beberapa hal lain yang harus dilakukan oleh mahasiswa agar unggul yaitu memiliki jiwa spiritual, pengetahuan. Memiliki karakter, sikap yang baik dan berintegritas, jaringan, skill dan berpikir kritis.

Dia pun berharap, mahasiswa dapat siap menghadapi persaingan di era industri 4.0. Dengan memiliki keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan emosional.

Rektor Itenas Prof Meilinda Nurbanasari mendorong mahasiswa untuk selalu optimis menghadapi persaingan di dunia kerja. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah selalu kreatif dan berpikir kritis.

"Jangan melihat suatu masalah sebagai orang yang pesimis, akan tetapi sebagai suatu tantangan yang bisa mengubah kita menjadi orang yang lebih kreatif dan mau lebih baik lagi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement