Senin 12 Dec 2022 16:09 WIB

Mahasiswa Unpar Kampanyekan Pola Konsumsi yang Turut Lestarikan Bumi

Barang elektronik yang tak terpakai dimasukkan ke dalam suatu kotak dan dihancurkan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Pameran produk mahasiswa Unpar di Kegiatan Menefesto 2022 kali ini digelar di Cihampelas Walk (Ciwalk), Ahad (11/12).
Foto: Istimewa
Pameran produk mahasiswa Unpar di Kegiatan Menefesto 2022 kali ini digelar di Cihampelas Walk (Ciwalk), Ahad (11/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kondisi bumi semakin hari semakin memperihatinkan. Tanpa ada kesadaran untuk melestarikan lingkungan, maka berbagai aktivitas yang dilakukan akan semakin memperburuk kondisi bumi ini. Tak berdiam melihat kondisi ini, Mahasiswa semester tiga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung menggelar acara Menefesto 2022.

Menurut Ketua Menefesto 2022, Ignatius Bryan, acara yang digelarnya ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya sejak 2008. Menefesto 2022 kali ini digelar di Cihampelas Walk (Ciwalk), Ahad (11/12).

Ignatius menjelaskan, Menefesto 2022 ini mengangkat tema 'Feature Earth Representive Being Sustainable and Responsible'. Menefesto ini awalnya adalah mata kuliah. 

"Event ini awalnya kegiatan mata kuliah semester tiga Manajemen Unpar yang mengakomodasi alias menjadi event organizer (EO)," katanya.

Menurutnya, pameran yang digelar oleh mahasiswa ini tenant-tenantnya diisi oleh mahasiswa matakuliah praktik bisnis. "Totalnya ada 25 tenant dan sisanya tenant sponsor," katanya.

Bryan berharap, Menefesto 2022 ini bisa menghasilkan sesuatu yang besar dari hal terkecil sekalipun. Jumat lalu, pihaknya mengajak start up bidang teknologi sistem untuk berpartner mengadakan campaign elektronic space.

Jadi, kata dia, pihaknya mengumpulkan barang-barang elektronik yang tak terpakai untuk dimasukkan ke dalam suatu kotak kemudian dihancurkan. 

"Selanjutnya, kami juga telah mengadakan seminar secara online berskala Internasional dengan topik mulai dari kampanye kecil. Misalnya mengurangi penggunaan sampah plastik sampai giatkan berjalan kaki untuk mengurangi polusi," paparnya.

Sementara menurut Ketua Pelaksana Menefesto 2022, Shanon Malena, Menefesto 2022 ingin mengangkat mengenai pola konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

"Kami ingin mengajak seluruh masyarakat bumi untuk menjadi representasi bumi di masa depan, sekaligus menjaga kelestarian bumi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement