Rabu 14 Dec 2022 05:10 WIB

Kapolda Jabar Resmikan Gedung Satpas Prototype Polres Cirebon Kota

Keberadaan gedung Satpas yang baru tidak mempersulit masyarakat dalam mendapatkan SIM

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Gedung Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) Prototype Polres Cirebon Kota diresmikan, Selasa (13/2). Dengan adanya gedung yang dilengkapi berbagai fasilitas modern tersebut, maka masyarakat Kota Cirebon yang hendak mengurus pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi lebih nyaman.

Gedung pelayanan SIM baru yang berlokasi di komplek Ade Irma Suryani di Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon itu diresmikan oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana.

"Pembangunan gedung Satpas di Cirebon sangat luar biasa, tempatnya nyaman. Mudah-mudahan bisa membuat masyarakat terlayani dengan aman dan nyaman," kata Suntana.

Suntana mengungkapkan, keberadaan gedung Satpas yang baru tidak mempersulit masyarakat dalam mendapatkan SIM. Dengan segala fasilitas modernnya, keberadaan gedung itu justru dapat mempermuda pelayanan kepada masyarakat.

 

"Saya hanya berpesan kepada Kapolres Ciko dan jajarannya agar keberadaan gedung ini lebih memudahkan masyarakat dalam memperoleh SIM," tutur Suntana.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Cirebon Kota (Ciko), AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, dalam pembuatan SIM, Polres Cirebon Kota akan menerapkan Electronic Driving Test System (E-Drives) dalam ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM).

"E-Drives merupakan sistem untuk uji praktik SIM yang menggunakan sensor khusus. Nantinya, setiap pemohon yang mengikuti ujian tersebut tidak lagi ditentukan petugas, melainkan oleh sistem," ujar Fahri.

Sensor E-Drives itu akan memberikan penilaian secara otomatis kepada peserta dalam tahap ujian praktik SIM. Kelulusan dari ujian praktik SIM pun ditentukan oleh penilaian sistem tersebut sehingga prosesnya berlangsung secara ketat dan transparan. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement