Senin 19 Dec 2022 13:10 WIB

Lokomotif Kereta Cepat Terguling di Padalarang, Dua Pekerja China Tewas

Tiga pekerja China lain mengalami luka berat, dan satu orang belum teridentifikasi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas menggunakan alat berat mengevakuasi rangkaian kereta teknis proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang mengalami kecelakaan di Cempakamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (19/12/2022). Berdasarkan keterangan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, kecelakaan tersebut menyebabkan dua warga negara China tewas serta lima orang  luka berat dan ringan. Hingga saat ini, penyebab kecelakaan kereta teknis proyek KCJB tersebut masih diselidiki pihak berwajib. Republika/Abdan Syakura
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Petugas menggunakan alat berat mengevakuasi rangkaian kereta teknis proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang mengalami kecelakaan di Cempakamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (19/12/2022). Berdasarkan keterangan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, kecelakaan tersebut menyebabkan dua warga negara China tewas serta lima orang luka berat dan ringan. Hingga saat ini, penyebab kecelakaan kereta teknis proyek KCJB tersebut masih diselidiki pihak berwajib. Republika/Abdan Syakura

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Insiden kereta teknis dan mesin pemasang rel Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang anjlok dan terguling di Kampung Cempaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar), Ahad (18/12/2022) sore WIB, mengakibatkan dua pekerja asal China tewas di lokasi.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo membenarkan dua korban tewas adalah warganegara China yang bekerja sebagai teknisi. "Betul (WNA China), informasi dari Polda Jawa Barat, pekerja teknis," kata Dedi di Jakarta, Senin (19/12/2022).

Baca: Viral Video Kereta Teknis dan Mesin Pemasang Rel Terguling di Padalarang

Dua korban tewas berjenis kelamin laki-laki bernama Chang Shin Shang (40 tahun) dan Chang Shin Yung (36). Empat korban luka-luka juga berjenis kelamin laki-laki, yang tiga di antaranya teridentifikasi sebagai Wang Jiji, Jie Thencang, dan Chao Qianyo; sementara seorang lainnya belum diketahui identitasnya.

Empat pekerja itu mengalami luka berat. Kecelakaan kereta teknis terjadi pada Ahad sekitar pukul 16.00 WIB saat sedang pemasangan rel. Peristiwa itu terjadi ketika lokomotif Kereta Cepat melaju kencang dari wilayah Kicau Bojong Koneng.

Baca: TV Denmark Minta Maaf Samakan Timnas Maroko dengan Monyet

Setibanya di lokasi kejadian, di Kampung Cempaka Mekar, kereta tersebut lepas dari ujung rel yang sedang dipasang. Hal itu mengakibatkan terjadi tabrakan dengan kereta teknis.

Penyidik Polda Jabar telah memeriksa 18 saksi yang dimintai keterangan terkait peristiwa tersebut.

Polisi bersama kementerian dan lembaga terkait melakukan pengecekan untuk mengetahui penyebab kecelakaan, termasuk melibatkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan ahli lain. Adapun kereta lokomotif dan mesin pemasang rel saat ini sudah diangkut diamankan petugas dan diangkut menuju lokasi lain untuk pemeriksaan.

Baca: Jubir Muda PKB Tuding Anies Merasa Paling Hebat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement