Kamis 05 Jan 2023 07:16 WIB

Bupati Sukabumi Kenalkan Ikon Buah Unggulan Durian Cikakak, Yuks Cobain...

Festival durian untuk mempromosikan dan mengenalkan secara luas produk durian lokal.

Warga memakan durian di Festival Duren Duren 2 Cikakak Kabupaten Sukabumi Jumat (1/2). Kegiatan tersebut untuk mengenalkan durian lokal Sukabumi.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Warga memakan durian di Festival Duren Duren 2 Cikakak Kabupaten Sukabumi Jumat (1/2). Kegiatan tersebut untuk mengenalkan durian lokal Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengajak, masyarakat untuk menikmati dan makan durian gratis sepuasnya. Hal ini sebagai upaya bupati mengenalkan ikon buah unggulan Kabupaten Sukabumi yakni durian Cikakak.

"Durian lokal asal Kecamatan Cikakak ini memiliki rasa dan tekstur dagingnya yang manis serta lembut ditambah bijinya yang kecil. Tentunya ini menjadi ikon bagi Kabupaten Sukabumi karena rasanya yang mantap tersebut Durian Cikakak kerap diburu oleh para pencinta durian," kata Marwan, Rabu (4/1/2023).

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi, pihaknya kembali menggelar Festival Durian Lokal Unggul Kabupaten Sukabumi yang sempat terhenti selam tiga tahun karena pandemi Covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 7 dan 8 Januari 2023 di Lapang Canghegar, Kecamatan Palabuhanratu itu, pihaknya sudah menyediakan durian untuk dibagikan dan dinikmati secara gratis kepada para pengunjung.

 

Siapapun bisa menikmati durian lokal asli Kabupaten Sukabumi itu asalkan makan di tempat. Namun, bagi warga yang ingin membeli, di lokasi panitia telah menyiapkan lapak penjualan.

Tujuan digelarnya kembali festival durian ini untuk mempromosikan dan mengenalkan secara luas produk durian lokal dari kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini. Serta yang paling penting untuk mendongkrak pendapatan serta perekonomian masyarakat.

"Durian Cikakak ini merupakan salah satu potensi sumber daya alam yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Kegiatan ini juga sekaligus untuk mempromosikan dunia pariwisata Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap mengatakan untuk memasarkan durian lokal ini petani tidak lagi kesulitan untuk mencari pasar, karena sebelum panen Durian Cikakak yang masih di pohon sudah banyak yang memesannya.

Dari data pihaknya di akhir 2022 petani durian di Cikakak berhasil memanen hingga 30 ribu buah. Dengan panen raya ini para petani meminta kepada Pemkab Sukabumi untuk kembali menggelar Festival Durian Lokal Unggulan Kabupaten Sukabumi.

"Durian Cikakak ini tidak hanya menjadi buah unggulan daerah, tetapi sudah menjadi varietas unggulan buah nasional," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement