Sabtu 07 Jan 2023 16:51 WIB

Festival Durian Lokal di Kabupaten Sukabumi Disambut Ribuan Warga

Warga bisa mencicipi durian gratis saat festival di Kabupaten Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Festival durian di Kabupaten Sukabumi.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
(ILUSTRASI) Festival durian di Kabupaten Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menggelar “Festival Durian Lokal Unggulan Sukabumi 2023” di Lapang Cangehgar, Kecamatan Palabuhanratu, Sabtu (7/1/2023). Festival yang mempromosikan durian lokal Sukabumi ini disambut ribuan warga.

Festival durian itu dibuka Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. Menurut Iyos, durian lokal unggulan Sukabumi memiliki kualitas rasa dan tekstur yang tidak kalah dengan durian dari daerah lainnya. Sebagaimana dilansir pemkab, Iyos pun menyampaikan apresiasinya kepada para petani durian di Kabupaten Sukabumi. “Kami bangga terhadap petani durian di Kabupaten Sukabumi yang selama ini terus bersemangat dan konsisten untuk mengembangkan komoditas durian, sehingga bisa menjadi ikonnya Kabupaten Sukabumi,” ujar Iyos.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap mengatakan, pada akhir tahun para petani di Sukabumi memanen ribuan durian, sehingga pemkab bisa menggelar festival. “Panen durian akhir tahun mencapai 30 ribu butir,” kata Sri.

Festival Durian Lokal Unggulan di Kabupaten Sukabumi ini digelar 7-8 Januari 2023. Festival ini dimeriahkan agenda kontes durian, bazar durian, kreasi makanan olahan durian, dan lomba merangkai buah. Warga yang datang pun bisa mencicipi durian secara gratis. Panitia menyebar sekitar 3.000 kupon untuk makan durian gratis.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Denis Eriska mengatakan, festival ini diharapkan dapat makin mengenalkan durian lokal unggulan Sukabumi, sehingga bisa mendorong pemulihan ekonomi juga.

Menurut Sri, lewat penyelenggaraan festival ini diharapkan muncul varietas durian lokal unggulan yang nantinya bisa didorong untuk terus dikembangkan. “Tujuan akhir penyelenggaraan kegiatan festival durian kali ini adalah untuk menemukan varietas durian lokal unggulan Kabupaten Sukabumi, yang akan diusulkan menjadi varietas unggulan nasional, sehingga dapat meningkatkan nilai jual, pemasaran, serta meningkatkan pendapatan petani durian,” kata Sri.

Sri pun mengharapkan festival durian ini bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan masuk kalender agenda Kabupaten Sukabumi. Dengan begitu, diharapkan festival durian ini dapat menjadi ikon Kabupaten Sukabumi dan menjadi daya tarik wisatawan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement