Kamis 26 Jan 2023 15:07 WIB

Meski PPKM Dicabut, Animo Warga Booster Kedua di Sukabumi Tinggi

Pemkot membuka layanan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi warga usia 18 tahun.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19  dosis keempat atau booster kedua bagi masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 dosis keempat atau booster kedua bagi masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Animo warga Kota Sukabumi untuk vaksinasi Covid-19 keempat atau booster kedua cukup tinggi. Sebab, sejak dibuka pada 24 Januari 2023 lalu, warga yang ikut vaksinasi booster cukup banyak.

Hal ini, misalnya, terlihat di lokasi vaksinasi di Puskesmas Selabatu Kecamatan Cikole Kota Sukabumi pada, Kamis (26/1/2023). Di mana pada hari itu ada sebanyak 70 orang warga yang divaksin dan sebagian besar booster kedua.

Baca Juga

"Meskipun PPKM atau pembatasan dicabut, akan tetai tetap dari segi kesehatan Covid masih menyebar, Untuk itu masih diperlukan upaya memperkuat sistem kekabalan alami dan buatan salah satunya diadakan vaksinasi," ujar Koordinatar Vaksinasi yang digelar di Puskesmas Selabatu, Eki Lukita, Kamis (26/1/2023).

Eki menuturkan, pemberian vaksinasi di Kota Sukabumi ada dua lokasi yakni Puskesmas Selabatu dan Baros. Vaksinasi itu baik dosis 1, 2, booster 1 dan 2 dengan menggunakan stok Pfizer.

Pelayanan itu kata Eki, dibuka pada jam dinas seminggu dua kali Selasa dan Kamis. "Dari pantauan masih ada warga dosis dua dan booster dua atau vaksin ke empat," ungkap dia.

Kata Eki, pada Kamis ini sudah ada 70 orang yang ikut vaksinasi dan kebanyakan booster kedua. Hal ini meningkat dibandingkan dengan waktu sebelumnya.

Sebelumnya, Pemkot Sukabumi mulai membuka layanan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua bagi masyarakat umum usia 18 tahun ke atas mulai Selasa (24/1/2023). Langkah tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat yang memulai vaksinasi tersebut.

"Kami mendapatkan surat dari Kementerian Kesehatan agar segera melaksanakan vaksin ke empat atau booster ke dua kepada masyarakat umum usia 18 tahun ke atas. Sehingga per Selasa ini akan dilaksanakan," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Rita Fitrianingsih.

Meskipun, lanjut Rita, dinkes masih mempunyai prioritas vaksinasi booster kedua untuk kalangan lanjut usia (lansia). Sehingga, vaksinasi untuk lansia akan dilakukan bersamaan dengan booster kedua untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas.

"Kami membuka pelayanan di Puskesmas Selabatu Kecamatan Cikole dan Puskesmas Baros. Nantinya ketika respon masyarakat untuk vaksinasi booster kedua bagus maka akan buka di gerai utama seperti di Gedung Juanh 45 Kota Sukabumi," ujar Rita.

Rita menerangkan, ketersediaan vaksin masih cukup dan belum mengalami kekurangan karena masih ada. Di mana vaksin yang tersedia jenis Pfizer.

Namun, lanjut Rita, tugas utama vaksinasi lansia booster kedua atau vaksinasi ke empat jadi pekerjaan rumah. Sebab lansia memiliki resiko terkena lebih besar.

Vaksinasi booster kedua bagi warga 18 tahun ke atas kata Rita, bisa dilakukan di Puskesmas Selabatu dan Baros pada Selasa dan Kamis. "Silakan kepada warga sudah bisa mengaksesnya," ucap dia.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement