Jumat 27 Jan 2023 16:54 WIB

Anies: Nasdem-Demokrat-PKS Siap Bergerak Bersama

Pertemuan untuk memperbarui informasi dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS. 

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Tim kecil dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar pertemuan tertutup dengan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan di kediamannya, Jakarta, Jumat (27/1).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Tim kecil dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar pertemuan tertutup dengan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan di kediamannya, Jakarta, Jumat (27/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim kecil dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar pertemuan dengan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan. Usai pertemuan tersebut, Anies menyebut, bahwa ketiganya siap bergerak bersama.

"Ini adalah obrolan rutin yang sebenarnya berlangsung terus-menerus selama ini. Jadi banyak hal yang dibicarakan, update-update guyub, suasananya solid, suasana siap untuk bergerak bersama," ujar Anies di kediamannya, Jakarta, Jumat (27/1).

Baca Juga

Usai pertemuan tersebut, Anies tak banyak bicara di tengah perwakilan ketiga partai. Dia hanya berterima kasih atas kehadiran tim kecil dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS dalam pembicaraan hari ini.

"Kami berkumpul makan siang bersama di rumah bersama dengan teman-teman partai koalisi, yaitu dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera kemudian ini adalah obrolan rutin," ujar Anies.

Naradamping yang juga utusan tim kecil, Sudirman Said mengatakan, bahwa pertemuan hari ini bertujuan untuk memperbarui informasi dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS. Termasuk dalam membicarakan tentang keputusan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang bersepakat mengusung Anies.

"Partai Demokrat mengeluarkan rilis atau statement bahwa telah secara resmi mendukung pencalonan itu. Kita syukuri sebagai suatu progress, karena dengan begitu maka kita sudah mencapai mendekati 20 persen (syarat pencalonan presiden)," ujar Sudirman.

Kini, tim kecil masih menunggu keputusan resmi dari PKS terkait koalisi dan pencalonan Anies sebagai capres. "Mudah-mudahan teman kita dari PKS juga akan menyusul pernyataan semacam itu, kita tunggu proses internal yang sedang berlangsung dan dalam proses finalisasi," ujar Sudirman.

Sebelumnya, AHY mengajak Partai Nasdem dan PKS untuk segera membentuk Sekretariat Perubahan. Pembentukannya sebagai bukti keseriusan dan komitmen Partai Demokrat untuk mewujudkan Koalisi Perubahan.

"Koalisi Demokrat, PKS, dan Nasdem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, senasib dan seperjuangan, untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujar AHY lewat keterangan tertulisnya, Kamis (26/1).

Kerja tim kecil Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS diklaimnya sudah mendekati tahap final. Dengan rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan, sudah cukup untuk mengambil keputusan yang penting dan fundamental.

Adapun terkait bakal calon presiden (capres), sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan. "Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan," ujar AHY.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement