Selasa 31 Jan 2023 15:09 WIB

Istri Ridwan Kamil Respons Isu akan Gabung Parpol

Atalia Praratya mengaku Ridwan Kamil mengizinkan apabila hendak masuk parpol. 

Rep: Arie Lukihardianti/Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Atalia Praratya diisukan akan mengikuti langkah suaminya, Ridwan Kamil, bergabung dengan partai politik (parpol). Merespons isu itu, Atalia mengaku belum membuat keputusan.

Atalia mengakui tengah mempertimbangkan untuk terjun ke dunia politik dan bergabung dengan parpol. Menurut dia, suaminya sudah memberikan izin jika ingin masuk parpol. 

“Sebetulnya Kang Emil (panggilan akrab Ridwan Kamil) sendiri mendukung saya untuk kemudian memilih partai mana yang menjadi rumah bagi saya. Karena mungkin Kang Emil melihat potensi,” kata Atalia, saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (31/1/2023).

Emil, yang merupakan gubernur Jawa Barat (Jabar), belum lama ini bergabung dengan Partai Golkar. Apabila nantinya memutuskan bergabung dengan parpol, Atalia mengindikasikan akan selaras dengan suaminya. 

“Misalkan, Kang Emil pakai ‘kuning’, saya pakai warna lain, kan jadi enggak lucu. Tapi, kalaupun saya harus masuk ‘kuning’, maka pertimbangannya harus sangat matang sekali. Karena, sejauh ini hati saya masih ke dunia sosial dan kemanusian,” kata Atalia, yang menjadi ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jabar itu.

Saat ini, Atalia mengaku masih fokus mengurus keluarga dan mendukung Kang Emil. “Saya merasa bahwa saya ini cocoknya untuk saat ini adalah sebagai pendukung dari suami (Kang Emil). Saya masih belum memutuskan karena bagi saya keluarga harus nomor satu,” ujar Atalia.

Tahun lalu, nama Atalia sempat masuk dalam sejumlah survei bakal calon wali kota Bandung untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Saat ditemui di Kota Bandung pada pertengahan Oktober 2022, Atalia mengakui ada beberapa parpol yang mendekati dirinya untuk membahas Pilkada Kota Bandung. “Sebetulnya sudah ada, ada tiga-empat partai yang mendekati, tapi tidak boleh disebut di sini (parpolnya),” kata Atalia.

Kala itu, Atalia juga merespons soal kesiapannya maju sebagai bakal calon wali kota Bandung. Ia mengatakan, belum bisa menjawabnya. “Saya belum bisa jawab. Karena saya kan seorang istri, saya punya keluarga, tentu saya juga harus bicara Kang Emil dan anak-anak. Tapi, bagi saya, lahan ibadah tidak harus selalu masuk politik,” ujar Atalia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement