Selasa 31 Jan 2023 20:49 WIB

Terombang-ambing di Laut, Nelayan Banten Akhirnya Terdampar di Tasikmalaya

Nelayan asal Banten itu dikabarkan sempat terombang-ambing selama beberapa hari.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Polisi membantu seorang nelayan asal Lebak, Banten, yang terdampar di perairan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (31/1/2023).
Foto: Dok. Polres Tasikmalaya.
Polisi membantu seorang nelayan asal Lebak, Banten, yang terdampar di perairan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (31/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Seorang nelayan dilaporkan terdampar di perairan wilayah Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (31/1/2023). Nelayan bernama Ma’mur itu diketahui berasal dari Kabupaten Lebak, Banten, yang sempat terombang-ambing di lautan selama beberapa hari.

Berdasarkan laporan dari Polres Tasikmalaya, nelayan tersebut berangkat melaut dari kawasan Binuangeun, Lebak, Senin (23/1/2023). Ma’mur melaut seorang diri untuk mencari ikan selama beberapa hari. Pada Kamis (26/1/2023), Ma’mur berniat pulang.

Namun, saat itu kondisi gelombang laut sedang tinggi. Angin di lautan juga kencang. Kondisi tersebut membuat perahu Ma’mur terbawa gelombang. Perahu Ma’mur juga kehabisan bahan bakar. 

Ma’mur dikabarkan sempat mencoba menurunkan jangkar perahunya, berharap ada perahu lain yang melintas. Namun, tali jangkarnya putus. Hingga akhirnya Ma’mur terdampar di perairan Tasikmalaya.

 

Kepala Seksi Humas Polres Tasikmalaya AKP Asep Nurzaman, jajaran Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polres Tasikmalaya menyelamatkan nelayan asal Banten yang terdampar itu. Menurut dia, nelayan tersebut sempat terombang-ambing di lautan. “Akibat perahunya kehabisan solar,” kata Asep. 

Ma’mur mengaku bersyukur bisa mendarat. “Saya sudah mau pulang, nyasar, dan kehabisan solar. Alhamdulillah, bisa selamat,” ujar dia, saat dimintai keterangan oleh polisi.

Kepala Satuan Polairud Polres Tasikmalaya AKP Hari Sakti mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan syahbandar wilayah Banten terkait nelayan yang terdampar ini. “Supaya anggota keluarganya menjemput ke Satpolairud Tasikmalaya di Cipatujah,” ujar Hari.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement