Sabtu 04 Feb 2023 12:51 WIB

Gaet Wisatawan, Wapres Dorong Negara ASEAN Perbanyak Agenda Internasional

Wapres berharap ATF 2023 melahirkan aksi nyata membangkitkan industri pariwisata.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Irfan Fitrat
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat meresmikan pembukaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (3/02/2023). 
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat meresmikan pembukaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (3/02/2023). 

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mendorong negara-negara di kawasan ASEAN memperbanyak penyelenggaraan agenda internasional. Agenda berkelas internasional ini diharapkan dapat menjadi magnet untuk menggaet wisatawan.

Hal itu disampaikan Wapres saat membuka agenda ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, yang digelar di Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (3/2/2023). “Keberhasilan penyelenggaraan event internasional adalah salah satu bukti kesiapan negara ASEAN untuk kembali menjadi magnet bagi wisatawan dunia, serta menunjukkan bahwa kita mampu terus beradaptasi dan berkompetisi menuju pariwisata yang lebih berkualitas di masa yang akan datang,” kata dia.

Wapres pun mengharapkan ATF 2023 dapat melahirkan aksi nyata, melalui kerja sama antarpemimpin sektor pariwisata di kawasan ASEAN, untuk mempercepat kebangkitan industri pariwisata dari dampak pandemi Covid-19. Termasuk dalam upaya merealisasikan Travel Exchange 2023.

“Saya berharap forum ini menjadi pengobar semangat kebangkitan pariwisata di ASEAN, selain menjadi wadah diskusi dan formulasi kebijakan, serta program nyata pengembangan pariwisata yang lebih praktis, terarah, dan berorientasi masa depan,” ujar Wapres.

 

Menurut Wapres, saat ini momentum yang tepat untuk meningkatkan daya saing sektor pariwisata melalui berbagai inovasi dan kreativitas, serta transformasi ke arah digital. “Semoga sektor pariwisata semakin produktif dan mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi kawasan,” kata dia.

Wapres pun berharap pengembangan sektor pariwisata di kawasan ASEAN ini memberdayakan masyarakat. “Saya mengajak kita bersama-sama membangun pariwisata yang berkelanjutan dan inklusif, melibatkan usaha mikro dan kecil, kaum perempuan, dan generasi muda,” ujar Wapres.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement