Ahad 12 Feb 2023 17:05 WIB

Beragam Agenda 2023 Disiapkan di Ciamis untuk Gaet Wisatawan

Calendar of Event 2023 Ciamis diharapkan menjadi panduan bagi wisatawan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis meluncurkan Calendar of Event 2023 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (11/2/2023).
Foto: Dok. Humas Pemkab Ciamis
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis meluncurkan Calendar of Event 2023 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (11/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis, Jawa Barat, berharap sektor pariwisata dapat bangkit dari dampak pandemi Covid-19. Untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata ini, Pemkab Ciamis meluncurkan “Calendar of Event 2023”.

Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Ciamis Endang Haris Juanda mengatakan, banyak kegiatan wisata dan seni budaya di Kabupaten Ciamis. Namun, menurut dia, selama ini kegiatan tersebut belum terkelola dengan optimal.

Padahal, Endang mengatakan, apabila kegiatan wisata dan seni budaya itu dapat dikelola dengan baik, diharapkan kunjungan wisatawan dapat meningkat, sehingga dapat mendorong perekonomian. 

“Jadi, kami lakukan penyusunan kalender event agar berguna untuk memberikan informasi dan mempromosikan berbagai event pada wisatawan,” kata Endang.

 

Peluncuran “Calendar of Event 2023” Kabupaten Ciamis dilakukan Sabtu (11/2/2023). Pada kalender itu terdapat 37 agenda yang akan digelar di Kabupaten Ciamis pada 2023, seperti kegiatan seni budaya dan wisata. Dijadwalkan pada setiap bulan selalu ada agenda, yang diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Tatang, mengatakan, sektor pariwisata merupakan salah satu yang paling terdampak pandemi. Di mana sejumlah aktivitas pariwisata tidak bisa berjalan. 

Dengan kondisi pandemi yang terkendali, diharapkan sektor pariwisata bisa kembali bangkit, sehingga dapat menunjang pemulihan perekonomian. Apalagi, kata Tatang, Kabupaten Ciamis dianugerahi banyak kekayaan alam dan budaya masyarakat yang luar biasa.

“Semua potensi yang dimiliki tentunya harus diiringi upaya untuk menggugah minat pasar atau wisatawan untuk dapat berkunjung dan menikmati berbagai keindahan destinasi wisata, ekonomi kreatif, dan event yang terdapat di Kabupaten Ciamis,” ujar dia, dalam siaran pers, Ahad (12/2/2023).

Salah satu upayanya dengan meluncurkan Calendar of Event 2023. Kalender ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat atau wisatawan ihwal berbagai kegiatan yang akan digelar di Ciamis. Dengan begitu, diharapkan wisatawan dapat mengatur waktu untuk berkunjung.

Tatang berharap kalender agenda itu dapat menjadi panduan bagi wisatawan, sehingga tergerak untuk dapat berkunjung ke Tatar Galuh.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement