Rabu 15 Feb 2023 07:13 WIB

Indramayu Disinggahi Tim Sepeda Jelajah Negeri HPSN 2023

Perjalanan tim dimulai dari Denpasar-Jakarta dan menempuh jarak sepanjang 1.200 km.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Taman Sungai Tjimanoek dibangun dengan konsep natural modern, dengan memanfaatkan alur Sungai Cimanuk yang mengalir ke jantung Kota Indramayu.
Foto: Istimewa
Taman Sungai Tjimanoek dibangun dengan konsep natural modern, dengan memanfaatkan alur Sungai Cimanuk yang mengalir ke jantung Kota Indramayu.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Kabupaten Indramayu menjadi salah satu tempat singgah tim sepeda jelajah negeri menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Perjalanan tim tersebut dimulai dari Denpasar dan menempuh jarak sepanjang 1.200 kilometer, hingga nanti finish di Manggala Wana Bhakti Jakarta.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, didampingi Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rossa Vivien Ratnawati, menerima tim pesepeda jelajah negeri itu di Taman Ecovarian Taman Cimanuk Kota Indramayu, Selasa (14/2/2023).

Nina berharap, agar kampanye bersepeda "Jelajah Bersih Negeri" itu menjadi momentum pengingat bagi masyarakat agar bijak dalam menangani sampah. ''Semoga kampanye ini mengingatkan kita semua untuk selalu bijak bersampah, dan bergerak serta bekerja bersama berkolaborasi membangun pengelolaan sampah yang lebih baik,'' kata Nina.

Menurut Nina, kegiatan kampanye bersepeda peringatan HPSN tahun ini merupakan salah satu bentuk kampanye inovatif. Kegiatan tersebut ditujukan untuk memotret contoh praktik baik dalam pemanfaatan rantai nilai pengelolaan sampah.

Tim sepeda "Jelajah Bersih Negeri" melakukan perjalanan dengan bersepeda, yang dimulai dari Pulau Bali pada 8 Februari 2023 dan tiba di Taman Ecovarian Cimanuk Kota Indramayu pada Selasa (14/2/2023). Perjalanan tim dijadwalkan akan berakhir di Jakarta pada 19 Februari 2023.

Dalam kesempatan itu, bupati Indramayu menyerahkan truk sampah kepada UPTD, dan bantuan motor pengangkut sampah kepada pengelola sampah di desa. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement