Kamis 16 Feb 2023 22:51 WIB

Tiket Kereta Angkutan Lebaran 2023 Dapat Dipesan Mulai 26 Februari

Pada Angkutan Lebaran 2023, penjualan tiket kereta mulai H-45 sebelum keberangkatan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Kereta beroperasi di wilayah PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon.
Foto: Daop 3 Cirebon
Kereta beroperasi di wilayah PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Tiket kereta api masa Angkutan Lebaran 2023 bisa dipesan mulai 26 Februari 2023. Kali ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan kebijakan penjualan tiket mulai H-45 sebelum waktu keberangkatan.

Vice President PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Takdir Santoso, mengatakan, dalam kondisi normal di luar masa Angkutan Lebaran, KAI menerapkan kebijakan penjualan tiket kereta jarak jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan.

Perubahan ketentuan penjualan tiket pada Angkutan Lebaran 2023, menurut Takdir, ditujukan untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan penjualan tiket H-45, kata dia, masyarakat memiliki kesempatan lebih luas dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa Angkutan Lebaran. 

“Sehingga, per 26 Februari 2023, pelanggan sudah dapat membeli tiket untuk keberangkatan 12 April 2023,” ujar Takdir, Kamis (16/2/2023).

Pemesanan tiket kereta masa Angkutan Lebaran ini dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, situs web KAI, serta seluruh saluran resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Takdir mengingatkan calon penumpang kereta agar teliti dalam memasukkan tanggal, rute perjalanan, serta data diri pada saat melakukan pemesanan tiket. “Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik Lebaran,” kata Takdir.

Menghadapi masa Angkutan Lebaran, Takdir mengatakan, PT KAI akan melakukan berbagai persiapan, baik sarana prasarana, juga sumber daya manusia.

Menurut dia, KAI bersama pihak terkait juga akan melakukan inspeksi keselamatan standar pelayanan minimum di seluruh wilayah operasi kereta api.  

“KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi di masa Angkutan Lebaran yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujar Takdir. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement