Senin 20 Feb 2023 00:33 WIB

Plt Bupati Bogor Dorong Peningkatan Kualitas Layanan Jamaah Haji

Plt Bupati mengapresiasi Forkom KBIHU Kabupaten Bogor.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Sejumlah calon jamaah haji melakukan manasik haji di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022).
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah calon jamaah haji melakukan manasik haji di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Jumlah calon jamaah haji di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, disebut menjadi yang terbanyak di Indonesia. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan, hal itu menjadi landasan bagi pemerintah kabupaten (pemkab) untuk berupaya meningkatkan pelayanan haji, juga umrah.

“Baik itu fasilitas proses manasik haji, proses pemberangkatan dan kepulangan, Pemerintah Kabupaten Bogor juga harus memfasilitasinya,” kata Iwan.

Iwan pun menyampaikan dukungannya untuk pelayanan haji dan umrah terpadu di Kabupaten Bogor. Hal itu disampaikan Iwan saat menghadiri agenda silaturahim akbar dengan para calon jamaah haji di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/2/2023). 

Kegiatan itu mengangkat “Literasi Haji dalam Pembinaan Membangun Bogor Berkeadaban”. Dalam kesempatan itu, Iwan menyampaikan terima kasih juga kepada Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (Forkom KBIHU) Kabupaten Bogor, yang berupaya mengedukasi dan membimbing warga yang akan melaksanakan ibadah haji atau hendak berangkat umrah.

 

“Kalau bukan KBIHU, siapa lagi yang mau memberikan bimbingan, memberikan pengalaman. Bukan hanya pengetahuan haji, tapi pengalaman perjalanan itu yang penting untuk bapak ibu sekalian,” ujar Iwan.

Ketua Forkom KBIHU Kabupaten Bogor, Desi Hasbiyah, mengatakan, calon jamaah haji Kabupaten Bogor yang rencananya diberangkatkan pada 2023 ini mencapai sekitar 3.421 orang.

“Artinya, jumlah jamaah haji se-Indonesia itu terbanyak dari masyarakat Kabupaten Bogor, luar biasa. Ini hitungan yang paling banyak se-Indonesia, dengan total terbesar di Indonesia dan jumlah pendaftaran terbesar di Indonesia,” ujar Desi.

Desi berterima kasih kepada Pemkab Bogor yang berencana memberikan lahan seluas dua hektare untuk pelayanan dan pembinaan haji umrah bagi jamaah haji Kabupaten Bogor. 

“Terima kasih kami sampaikan pada Pak Plt Bupati. Tanahnya sudah kita survei di daerah Bojong Koneng. Alhamdulillah, bapak ibu sekalian, mudah-mudahan bisa terwujud pelayanan haji dan umrah terpadu yang ada di Kabupaten Bogor,” kata Desi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor Syukri Ahmad Fanani menyampaikan komitmen untuk selalu bersinergi dengan Pemkab Bogor, termasuk terkait pelayanan jamaah haji.

“Kita memiliki tujuan pelayanan yang sama, yaitu masyarakat Kabupaten Bogor, sehingga Kantor Kementerian Agama siap berkomitmen dengan Pemerintah Kabupaten Bogor di bidang agama,” kata Syukri. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement