Selasa 21 Feb 2023 10:59 WIB

Puluhan Bangli di Bantaran Kali Perancis Tangerang Dibongkar

Direncanakan ruang terbuka hijau dan wisata kuliner di sekitar bantaran Kali Perancis

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pembongkaran bangunan liar (bangli).
Foto: ANTARA/Fauzan
(ILUSTRASI) Pembongkaran bangunan liar (bangli).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Upaya penertiban bangunan liar (bangli) dilakukan di bantaran Kali Perancis wilayah Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten. Terbaru, dilaporkan ada 33 bangli yang dibongkar.

Camat Kosambi, Dadang Sudrajat, menjelaskan, pembongkaran bangli dilakukan di bantaran Kali Perancis sepanjang kurang lebih satu kilometer.

Penertiban bangli itu dilakukan bersama jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PT BPR, perangkat desa, serta petugas ketenteraman dan ketertiban (trantib) kecamatan.

Sebelum dilakukan pembongkaran, Dadang mengeklaim dilakukan sosialisasi melalui surat kepada pemilik bangli dan dilakukan pendekatan.

“Ini kita lakukan secara bersama-sama. Bahkan, pemilik banglinya ikut membantu untuk membongkar karena sebelum kita lakukan pembongkaran kita sudah lakukan sosialisasi,” kata Dadang, Senin (20/2/2023).

Menurut Dadang, di area bekas pembongkaran bangli itu akan dibangun turap, sebagai salah satu upaya pengendalian banjir. “Senin ini sudah dimulai pemasangan tiang pancang turap di sepanjang bantaran kali Dadap Perancis,” ujar dia.

Selain itu, Dadang mengatakan, rencananya dibuat ruang atau taman terbuka hijau, serta area wisata kuliner terpadu. “Akan kami tata untuk dijadikan wisata kuliner terpadu,” kata Dadang.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement