Selasa 21 Feb 2023 20:22 WIB

Universitas Ibn Khaldun Bogor Sediakan Beasiswa untuk Hafidz Alquran

UIKA Bogor menargetkan bisa mendapatkan sekitar 2.000 mahasiswa baru.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Rektor Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Endin Mujahidin di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Rektor Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Endin Mujahidin di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menyiapkan jalur beasiswa Tahfidz Alquran atau untuk penghafal Alquran, bagi calon mahasiswa baru pada tahun ajaran 2023-2024. Beasiswa Tahfidz Alquran bisa berupa potongan biaya 50 persen, dan juga bebas SPP dan SKS.

"Ada beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, beasiswa Tahfiz Alquran, dan beasiswa bagi siswa berprestasi," kata Rektor UIKA Bogor, Endin Mujahidin, kepada wartawan di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).

Endin menyebutkan, pihak kampus pada tahun ini, menargetkan agar bisa mendapatkan sekitar 2.000 mahasiswa baru. Termasuk, mahasiswa dari jalur beasiswa.

Terkait beasiswa Tahfidz Alquran, Endin mengaku, belum lama ini, bertemu dengan salah seorang pengelola pesantren Tahfidz Alquran yang memiliki 4.000 hafidz dan hafidzah. Menurut dia, pengelola pesantren tersebut ingin peserta didiknya bisa berkuliah di UIKA.

"Saya tanya berapa yang dibutuhkan pesantren? Asal skemanya tidak full, hanya sarana dan SPP, SKS, itu bisa kirim 100 (orang), kami terima 100 (orang)," ucapnya.

Tak hanya itu, UIKA juga menyiapkan sejumlah jalur beasiswa bagi para calon mahasiswa baru, baik untuk calon berprestasi maupun mahasiswa kurang mampu. Endin mengatakan, calon mahasiswa yang hendak mendaftar beasiswa Tahfiz Alquran sudah dibuka sejak 4 Januari hingga 20 Mei 2023 untuk tahap pertama.

Adapun tahap kedua dibuka lagi pada 21 Mei hingga 19 Agustus 2023. Untuk syarat lengkap pengajuan beasiswa Tahfidz Alquran bagi calon mahasiswa baru UIKA Bogor ialah, melakukan pendaftaran melalui laman resmi kampus atau secara luring melalui panitia penerimaan mahasiswa baru.

Kemudiam melakukan pembayaran pendaftaran, serta melengkapi berkas pesyaratan di laman SPMB UIKA. Berkas tersebut meliputi Kartu Keluarga, ijazah transkrip nilai, pas foto, dan Sertifikat Penghafal Alquran 30 Juz yang dikeluarkan minimal dua tahun terakhir.

"Nantinya akan ada seleksi penerimaan mahasiswa baru berupa wawancara oleh Fakultas masing-masing. Serta hasil seleksi mahasiswa baru jalur mandiri,” ucap Endin.

Dia menuturkan, untuk beasiswa Tahfidz Alquran akan ada wawancara oleh Tim Seleksi Penerimaan Beasiswa Hafidz 30 Juz. Baru setelah itu, ada pengumuman hasil seleksi mahasiswa baru Jalur Beasiswa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement