Rabu 22 Feb 2023 12:05 WIB

Gebyar Adminduk Kabupaten Bogor Terapkan Layanan One Day Service

Gebyar Adminduk Kabupaten Bogor akan digelar hingga 24 Februari 2023.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok Pemkab Bogor
Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor berupaya menerapkan sistem one day service saat Gebyar Administrasi Kependudukan (Adminduk) 2023. Warga yang datang diharapkan bisa langsung mendapatkan dokumen kependudukan yang diurusnya pada hari itu juga.

Gebyar Adminduk dimulai Selasa (21/2/2023) di halaman Kantor Disdukcapil Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor Bambang Setiawan mengatakan, Gebyar Adminduk 2023 ini menargetkan 10 ribu warga hadir mengurus adminduk.

Pada hari pertama pelaksanaannya, menurut Bambang, terdata yang hadir sekitar 2.500 orang. Gebyar Adminduk Kabupaten Bogor ini akan digelar sampai 24 Februari 2023, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. 

“Kami pastikan seluruh masyarakat yang hadir dapat terlayani dengan prima, sehingga ketika masyarakat kembali ke rumah, kami pastikan sudah mendapatkan dokumen kependudukan yang dibutuhkannya,” kata Bambang.

 

Bambang mengatakan, Gebyar Adminduk digelar dalam upaya memenuhi kebutuhan warga akan dokumen kependudukan. Ini juga sekaligus menjawab aspirasi masyarakat, terutama yang ada di pelosok Kabupaten Bogor.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, Gebyar Adminduk menjadi salah satu solusi upaya pemenuhan hak sipil masyarakat terkait kepemilikan dokumen kependudukan. Seperti kartu tanda penduduk (KTP), yang merupakan dokumen penting.

“Pembuatan KTP ini dikendalikan oleh pemerintah pusat. Kami, jajaran Pemkab Bogor, akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat karena kuota permintaan pembuatan KTP sangatlah banyak,” kata Iwan.

Iwan meminta jajarannya memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat pada Gebyar Adminduk ini. Ia mengingatkan penerapan layanan one day service. Dengan begitu, kata dia, warga tidak harus bolak-balik mengurus dan dipastikan pulang hari itu juga membawa dokumen kependudukan yang dibutuhkan.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengapresiasi upaya Disdukcapil Kabupaten Bogor dalam memenuhi hak sipil masyarakat, salah satunya lewat Gebyar Adminduk. Rudy berpesan kepada seluruh petugas di Gebyar Adminduk untuk melayani masyarakat Kabupaten Bogor dengan baik.

“Berilah sapa, senyum, dan salam, agar masyarakat yang hadir ini bukan hanya memperoleh administrasi kependudukan, tapi juga memperoleh kebahagiaan pada acara Gebyar Adminduk,” ujar Rudy.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement