Sabtu 25 Feb 2023 13:29 WIB

Lewat Kopi Luwang, UMKM di Karawang Bisa Dapat Pinjaman Lunak

Kopi Luwang hasil kerja sama Dinas Koperasi dan UKM Karawang dengan koperasi.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
 Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh.
Foto: Istimewa
Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat, berupaya memberikan kemudahan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Untuk itu, Pemkab Karawang meluncurkan program “Kopi Luwang”.

Kopi Luwang merupakan akronim dari “Koperasi Pinjaman Lunak Warga Karawang”. Program tersebut diluncurkan pada Jumat (24/2/2023).

“Program Kopi Luwang ini adalah salah satu program yang baru diluncurkan oleh Dinas Koperasi dan UKM Karawang,” kata Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh di Karawang.

Aep mengatakan, program Kopi Luwang merupakan inovasi dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang sebagai salah satu wujud komitmen dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi melalui UMKM.

Dengan program ini, diharapkan juga dapat mendukung pelaku UMKM mengembangkan usahanya.

Dalam pelaksanaan program Kopi Luwang, Aep mengatakan, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang bekerja sama dengan koperasi. Nantinya para pelaku UMKM di Kabupaten Karawang dapat mengajukan pinjaman lunak kepada koperasi yang dekat dengan lokasi usaha mereka.

Program Kopi Luwang hanya ada di koperasi yang telah bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang.

Melalui Kopi Luwang, Aep menjelaskan, pelaku UMKM bisa mengajukan pinjaman lunak dengan nilai bervariasi mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta. Disebut pinjaman lunak karena bunganya disebut hanya 0,25 persen per bulan atau maksimal tiga persen per tahun.

Menurut Aep, satu koperasi yang terlibat dalam program Kopi Luwang ini mengampu sepuluh pelaku UMKM. Sejauh ini, kata dia, baru ada 50 koperasi yang bergabung. “Jadi, sudah ada 500 pelaku UMKM yang difasilitasi menerima pinjaman lunak dari koperasi,” kata Aep.

Ke depan, Aep berharap makin banyak koperasi yang ikut bergabung program Kopi Luwang, tidak hanya koperasi simpan pinjam. Koperasi karyawan di kawasan industri juga disebut bisa ikut andil.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Karawang, Rochman, juga berharap banyak koperasi yang mendukung program Kopi Luwang dalam rangka kepedulian terhadap pengembangan UMKM di Kabupaten Karawang. 

“Kami mengajak semua koperasi di Karawang untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dengan bergabung dalam program Kopi Luwang,” ujar Rochman. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement