Sabtu 25 Feb 2023 14:31 WIB

Kantor SAR Bandung Bantu Hijaukan Mangrove di Pesisir Cirebon

Kantor SAR Bandung menanam 500 bibit tanaman di kawasan mangrove Cirebon.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Penanaman tanaman di kawasan mangrove.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
(ILUSTRASI) Penanaman tanaman di kawasan mangrove.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung berupaya berkontribusi dalam upaya penghijauan. Seperti membantu menanam bibit tanaman di kawasan mangrove.

Upaya tersebut dilakukan di kawasan mangrove pesisir Bondet, Desa Grogol, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

“Kami menanam bibit pohon mangrove untuk menjaga lingkungan dan keberlanjutan bumi, khususnya di Cirebon,” ujar Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/2/2023).

Jumaril mengatakan, ada 500 bibit tanaman yang ditanam di kawasan mangrove Bondet. Kegiatan penanaman di kawasan mangrove ini bekerja sama dengan Kelompok Tani Hutan Mina Citra Lestari.

Selain untuk penghijauan, menurut Jumaril, diharapkan keberadaan mangrove ini dapat menjadi bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim.

Ia mengatakan, aktivitas manusia yang menghasilkan karbon dapat membuat suhu bumi semakin hangat, yang dapat berdampak terhadap perubahan iklim. 

“Oleh sebab itu, diperlukan upaya penyerapan karbon yang maksimal, salah satunya dengan penanaman mangrove,” ujar Jumaril.

Penanaman tanaman di kawasan mangrove wilayah Cirebon itu merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-51 Basarnas. Pada momen ini, Jumaril berharap jajaran Basarnas dapat terus memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat.

Dalam rangka HUT Basarnas, Jumaril mengatakan, Kantor SAR Bandung juga melaksanakan kegiatan donor darah, serta memberikan bantuan sosial kepada anak-anak terdampak gempa bumi Cianjur. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement