Sabtu 25 Feb 2023 14:56 WIB

Melukis Bersama di Gedung Creative Center Kota Tasikmalaya

Kegiatan melukis bersama di Creative Center Tasikmalaya diikuti seniman dan warga. 

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Sejumlah warga dan seniman melukis bersama di pelataran Gedung Creative Center Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (25/2/2023).
Foto:

Warga lainnya, Rika (33), juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Pasalnya, ia dapat langsung melihat para seniman membuat lukisannya. “Jadi, meningkatkan kreativitas dan menjalin silaturahim, sekalian berkenalan dengan seniman. Bisa sharing dengan kemampuan masing-masing,” kata perempuan yang berprofesi sebagai guru menggambar itu.

Rika mengatakan, kegiatan itu juga dapat menghilangkan sekat antara seniman dan masyarakat. Sebab, melukis bersama itu tak hanya eksklusif untuk seniman, tapi juga masyarakat yang hobi juga bisa berkumpul.

Rika berharap, kegiatan seperti itu dapat dilakukan secara rutin. Jika memungkinkan, panitia juga diharapkan bisa membuatkan pameran hasil karya lukis dari masyarakat umum.

Salah satu seniman yang ikut menginisiasi kegiatan itu, Rukmini, mengatakan, ide untuk melukis bersama datang ketika Gedung Creative Center Kota Tasikmalaya baru diresmikan beberapa hari lalu. Dalam peresmian itu, terdapat sejumlah seniman yang melakukan pameran di dalam gedung itu.

 

photo
Pelukis asal Kota Tasikmalaya, Rukmini, saat diwawancara di Gedung Creative Center Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (25/2/2023). - (Republika/Bayu Adji P.)

 

“Nah, sejalan dengan berlangsung pameran itu, saya dan teman-teman punya ide untuk melukis bersama. Daripada pengunjung hanya datang, kami buat kegiatan melukis bersama,” kata perempuan yang merupakan anak maestro seni lukis Affandi itu.

Menurut Rukmini, kegiatan itu dilakukan tak lain agar masyarakat bisa berkarya di lingkungan Gedung Creative Center Kota Tasikmalaya. Masyarakat yang datang juga dapat belajar langsung dari para pelukis profesional. “Jadi, masyarakat dan seniman bisa berkreasi di sini juga. Tak sekadar jadi tempat pameran,” kata dia.

Rukmini menilai, kegiatan semacam itu penting dilakukan untuk menggairahkan industri kreatif di Kota Tasikmalaya. Diharapkan, kegiatan serupa bisa dilakukan secara rutin di tempat itu. Bukan hanya dari subsektor seni rupa, tapi juga dari subsektor ekonomi kreatif lainnya. “Mudah-mudahan akan makin banyak kawula muda yang berkreasi,” ujar Rukmini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement