Ahad 26 Feb 2023 09:05 WIB

Prof Din Syamsuddin Kenang KH Ali Yafie Sosok Ulama yang Fakih

Din belum bisa bertakziyah ke rumah duka, karena sedang berada di Oran, Aljazair.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua MUI periode 1990-2020, KH Ali Yafie (kedua dari kanan).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ketua MUI periode 1990-2020, KH Ali Yafie (kedua dari kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Prof Din Syamsuddin mengenang sosok KH Prof Ali Yafie sebagai seorang ulama yang fakih atau mempunyai wawasan pengetahuan keislaman yang luas. KH Ali menjabat Ketua Umum MUI periode 1990-2000, dan wafat pada usia 96 tahun di Bintaro, Kota Tangerang Selatan pada Sabtu (25/2/2023) pukul 22.13 WIB.

"Bangsa Indonesia, khususnya umat Islam, kehilangan seorang tokoh ulama KH. Prof. Ali Yafie. Sebagai Sekretaris MUI waktu itu saya menyaksikan almarhum adalah seorang ulama yang fakih, mempunyai wawasan pengetahuan keislaman yang luas," ujar Din dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (26/2/2023).

Dia menjelaskan, almarhum juga merupakan seorang ulama yang fasih menjelaskan realitas sosial politik umat atau bangsa. "Selain itu, beliau memiliki sikap teguh dalam prinsip istiqamah dan amanah," tutur mantan ketua umum PP Muhammadiyah tersebut.

Din menyampaikan KH Ali Yafie mengalami sakit sudah cukup lama dalam usia yang sudah lanjut. Semoga sakitnya tersebut telah menjadi sarana penggugur dosa. "Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu 'anhu. Menyesal belum sempat menjenguk beliau dan bertakziyah ke rumah duka, karena sedang berada di Oran, Aljazair, untuk menghadiri sebuah konferensi," katanya.

KH Ali Yafie menjabat Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada 1991-1992. Jenazah almarhum akan dibawa ke rumah duka di Kompleks Menteng Residence, Jalan Menteng V Blok FC 5 Nomor 12, Sektor 7 Bintaro Jaya. Rencananya, almarhum dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan pada Ahad selepas sholat Dzuhur .

Almarhum KH Ali Yafie sempat dirawat pada Senin (13/2/2023), karena gangguan paru-paru dan jantung. Setelah dirawat beberapa hari, kondisi Kiai Ali Yafie sempat dikabarkan membaik pada saat dijenguk Wakil Presiden yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Prof KH Ma'ruf Amin, Kamis (16/2/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement