Ahad 26 Feb 2023 09:37 WIB

KSP Mitra Jasa Beri Pinjaman Kredit Pelaku UMK di Empat Kabupaten

Dan KSP Mitra Jasa masih mampu mendapatkan Sisa Hasil Usaha tahun 2022 sebesar Rp 2,2

KSP Mitra Jasa melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT).
Foto: Istimewa
KSP Mitra Jasa melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Koperasi Simpan Pinjam  (KSP) Mitra Jasa, terus memberikan kredit/pinjaman bagi para pelaku usaha kecil menengah  (ukm) di empat kantor cabangnya. Keempat kantor cabang itu berada di Indramayu, Subang, Cirebon serta Majalengka. 

"KSP Mitra Jasa juga membuka pelayanan yang tersebar di sebanyak 29 kantor cabang Pembantu,"  kata H Ngadino Ketua KSP Mitra Jasa dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Ahad (26/2/2023).

Dikatakannya, melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) adalah kewajiban sebagai bentuk pertanggung jawaban kerja pengurus kepada seluruh anggota. Hingga saat ini, Mitra Jasa memiliki 716 orang anggotta dan calon anggota sebanyak 85.016 orang dalam melakukan usaha yang didominasi yaitu simpan pinjam selama satu tahun 2022.

Mengantongi Badan Hukum No 518/177/BH/PAD/XIII.9/V / 2013 tanggal 31 Mei 2013 dengan No indukKoperasi (NIK) KSP Mitra Jasa dalam laporanya  telah memiliki karyawan dan staf  sebanyak 244 orang. Selain itu, per 31 Desember 2022, telah memiliki aset Rp 178,74 miliar. "Dari aset sebesar itu, kami telah menggulirkan pinjaman sebesar Rp 252,55 miliar," ujarnya.

 

Dikatakan H Ngadino, selama dua tahun lebih pandemi Covid 19 melanda  dan membuat perekonomian Indonesia sempat lesu, tentunya berimbas pada KSP Mitra Jasa. Namun, kata dia, kekompakan pengurus dalam mengambil kebijakan yaitu membatasi volume pinjaman kepada nasabah dengan menilai selektif dan  mempertahankan organisasi yang sehat, serta pengelolaan keuangan yang sehat pula, KSP Mitra Jasa masih dipercaya masyarakat pelaku UKM. 

"Dan KSP Mitra Jasa masih mampu mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun 2022 sebesar Rp 2.213.873.378,49," ucap H Ngadino didampingi Sekretaris H Farid serta Bendahara H. Sujadi.

Sementara pejabar dari Dinas Koperasi dan UMK Provinsi Jabar, Dede, menjelaskan, ada tiga program yang dilakukan pihaknya. Yaitu pertama melihat secara kelembagaan sah tidaknya badan hukum yang dimiliki oleh semua koperasi di Jabar. Kedua, pihaknya selalu memberdayakan koperasi menjalin kerja sama, misal di Kabupaten Indramayu dengan bank BJB dan bank lainya.

Kemudian yang ketiga melakukan pembinaan/pengawasan. "Alhamdulillah, KSP Mitra Jasa sehat kelembagaan serta sehat keuanganya," ucap Dede. 

Disela pelaksanaan RAT KSP Mitra Jasa memberikan santunan untuk sebanyak 20 anak yatim diberbagai wilayah kerja kantor cabang pembantu serta membantu pembangunan Masjid Nurul Hidayah Desa Pekandangan, Renovasi Masjid Al islah, Pembangunan Masjid Nurul Muhtadien, Pembangunan Pondok Pesantren Darul Wur'an Desa Pringgacala, dan Pembangunan Musholla Darul Khoiroh Desa Patrol.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement