Selasa 28 Feb 2023 14:37 WIB

Besok, Seribu Orang Warga Sukabumi Jadi Target Vaksinasi Massal Covid-19

Ketersediaan vaksin masih cukup dan belum mengalami kekurangan.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Lansia mengikuti program Vaksinasi Covid-19 Booster tahap II.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Lansia mengikuti program Vaksinasi Covid-19 Booster tahap II.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi akan menggelar vaksinasi massal Covid-19 pada Rabu (1/3/2023). Targetnya, ada sebanyak seribu warga yang mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama, kedua maupun booster pertama dan kedua.

''Pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Merdeka Kota Sukabumi pada Rabu 1 Maret 2023,'' ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Rita Fitrianingsih, Selasa (28/2/2023). 

Kata Rita, vaksinasi ini ditujukan kepada masyarakat umum usia di atas 12 tahun serta booster 1 dan 2 untuk warga di atas 18 tahun. Sedangkan, syarat untuk vaksinasi ini adalah memiliki e-ticket, fotokopi KTP, dan membawa balpoint. Di mana waktu pelayanan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Sukabumi Wita Darmawanti menambahkan, ditargetkan ada sebanyak 1.000 orang warga yang bisa divaksinasi. ''Targetnya ada seribu orang baik vaksin satu, dua maupun booster,'' kata dia.

 

Sebelumnya, Pemkot Sukabumi mulai membuka layanan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua bagi masyarakat umum usia 18 tahun ke atas mulai Selasa (24/1/2023). Langkah tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat yang memulai vaksinasi tersebut.

''Kami mendapatkan surat dari Kementerian Kesehatan agar segera melaksanakan vaksin ke empat atau booster kedua kepada masyarakat umum usia 18 tahun ke atas,'' ujar Kepala Dinkes Kota Sukabumi, Rita Fitrianingsih. 

Meskipun, lanjut Rita, dinkes masih mempunyai prioritas vaksinasi booster kedua untuk kalangan lanjut usia (lansia). Sehingga, vaksinasi untuk lansia akan dilakukan bersamaan dengan booster kedua untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas.

'' Kami membuka pelayanan di Puskesmas Selabatu Kecamatan Cikole dan Puskesmas Baros,'' ungkap Rita. 

Nantinya, ketika respons masyarakat untuk vaksinasi booster kedua bagus, maka akan buka di gerai utama seperti di Gedung Juanh 45 Kota Sukabumi. Rita menerangkan, ketersediaan vaksin masih cukup dan belum mengalami kekurangan karena masih ada. Di mana vaksin yang tersedia jenis Pfizer.

Namun lanjut Rita, tugas utama vaksinasi lansia booster kedua atau vaksinasi ke empat jadi pekerjaan rumah. Sebab, lansia memiliki resiko terkena lebih besar.

Vaksinasi booster kedua bagi warga 18 tahun ke atas kata Rita, bisa dilakukan di Puskesmas Selabatu dan Baros pada Selasa dan Kamis.  "Silakan kepada warga sudah bisa mengaksesnya,'' ucap dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement