Selasa 07 Mar 2023 12:31 WIB

Jelang Ramadhan, Belasan Milenial Gelar Aksi Bersih-Bersih Masjid

Para rangers ini menghias dinding masjid di sebelah jalan dengan mural.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Anak-anak antusias membersihkan Masjid Miftahul Hasanah di Kecamatan Pamulihan, Sumedang.
Foto: Istimewa
Anak-anak antusias membersihkan Masjid Miftahul Hasanah di Kecamatan Pamulihan, Sumedang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menyambut bulan suci Ramadhan, belasan milenial menggelar aksi sosial bersih-bersih Masjid, akhir pekan lalu. Anak-anak tersebut, antusias membersihkan Masjid Miftahul Hasanah di Kecamatan Pamulihan, Sumedang. 

Pagi-pagi sekali, mereka sudah bersiap untuk segera berangkat ke lokasi yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal. Mereka, membersihkan masjid untuk menyambut bulan suci Ramadhan. 

Sesampainya di lokasi, para milenial tersebut langsung bergerak bersih-bersih. Ada yang bertugas membersihkan lantai dengan sapu dan pel, menghapus debu dari jendela dan pintu, memperbarui cat dinding dan kayu masjid. Seluruh ruangan dalam masjid dikemas dan diatur sedemikian rupa agar terlihat rapi dan nyaman. 

Tidak hanya itu, para milenial yang dipanggil rangers ini menghias dinding masjid di sebelah jalan dengan mural. Hasilnya, masjid yang tadinya terlihat biasa saja jadi lebih berwarna dan juga terang. 

Menurut Ketua Program Bersih-Bersih Masjid, Syahrial, semangat dan kegigihan mereka membersihkan masjid menunjukkan bahwa Ramadhan bukan hanya tentang menahan lapar dan dahaga. Namun, juga tentang kebersihan hati dan lingkungan. Kegiatan membersihkan masjid sendiri, diinisiasi oleh Rumah Amal Salman.

Syahrial mengatakan, kegiatan bersih-bersih ini merupakan bagian dari kegiatan sosial menjelang ramadhan. 

"Kegiatan ini kami lakukan untuk membantu masyarakat dalam persiapan menyambut bulan suci Ramadhan. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam menjalankan ibadah dengan lebih khusyuk," ujar Syahrial, Senin (6/3).

Menurut Syahrial, masjid yang menjadi penerima manfaat merupakan masjid desa yang aktif kegiatan keagamannya dan tentunya membutuhkan bantuan. 

“Masjid Miftahul Hasanah menjadi salah satu masjid yang mendapatkan bantuan, sebab masjid ini menjadi tempat ibadah warga Kecamatan Pamulihan yang kurang lebih berjumlah 200 KK,” kata Syahrial.

Selain menata keindahan masjid, kata dia, Rumah Amal Salman juga memberikan bantuan fasilitas pendukung berupa sound system, alat kebersihan, termasuk Alquran dan Iqro. Rumah Amal juga memberikan edukasi melalui sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat agar kebersihan semakin terjaga. 

Kegiatan bersih-bersih masjid ini, kata dia,  disambut baik oleh masyarakat setempat. Mereka merasa senang melihat masjid yang semakin indah dan terang apalagi ramadhan kian dekat menjelang. Mereka pun sangat senang mendapatkan beberapa fasilitas penunjang, seperti salah satunya sound system. 

Menurut Salah satu warga, Tarmin (40 tahun), dengan adanya program ini warga sangat berterima kasih. Warga pun senang mendapatkan sound system, sebab sebelumnya tidak punya jadi selalu meminjam. 

"Tetapi itu juga tidak optimal, sebab suaranya  tidak begitu jelas terdengar oleh warga. Ramadhan tahun ini dengan fasilitas yang bagus ini insyaAllah ibadah makin nyaman dan semakin khusyuk,” katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement