Rabu 15 Mar 2023 16:40 WIB

Persiapan Tasik Baseuh 2023, Pemkot Survei Sungai Ciwulan

Tasik Baseuh diharapkan mengangkat wisata arung jeram di Kota Tasikmalaya.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Survei jalur arung jeram di aliran Sungai Ciwulan, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023), untuk persiapan agenda Tasik Baseuh 2023.
Foto:

Agenda Tasik Baseuh 2023 rencananya digelar Mei mendatang. Menurut Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya Deddy Mulyana, Tasik Baseuh tahun ini akan digelar dengan konsep berbeda.

Penilaian dalam kegiatan itu bukan sekadar ketepatan waktu, melainkan juga kreativitas para peserta. “Selain arung jeram, kami akan nilai kostumnya, kekompakan. Jadi, berbeda dari biasanya. Intinya kita buat happy,” kata Deddy.

Ketua Panitia Tasik Baseuh 2023, Harniawan Obech, mengatakan, Tasik Baseuh merupakan agenda tahunan. Pada 2023 ini merupakan agenda yang kedelapan. Menurut dia, salah satu tujuan kegiatan itu untuk mempromosikan wisata arung jeram Kota Tasikmalaya.

“Awalnya Tasik Baseuh dibuat hanya untuk reuni para pegiat sungai di Priangan Timur dan Bandung. Namun, makin ke sini kegiatan itu dibuka untuk umum. Tujuannya, selain untuk wisata, adalah untuk edukasi konservasi sungai,” kata dia.

Obech mengatakan, Tasik Baseuh 2023 rencananya digelar pada 8 Mei mendatang. Kegiatan itu akan terbuka untuk umum. Informasi terkait pendaftaran akan disampaikan selanjutnya.

Ia menargetkan sekitar 500 peserta yang mengikuti Tasik Baseuh 2023. Panitia menyiapkan 101 perahu untuk kegiatan tersebut. “Mudah-mudahan bisa mendongkrak wisata arung jeram di Kota Tasikmalaya,” ujar Obech.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement